> >

Disebut Lakukan Genosida terhadap Muslim Uighur, China Kutuk Pernyataan Belanda

Kompas dunia | 27 Februari 2021, 11:48 WIB
Kondisi wilayah Xinjiang, China. (Sumber: AP Photo)

AMSTERDAM, KOMPAS.TV - China kutuk pernyataan Belanda yang menegaskan bahwa negara Asia Timur itu telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur.

Parlemen Belanda menjadi negara Eropa pertama yang menegaskan perlakukan China terhadap Muslim Uighur sebagai genosida, Kamis (25/2/2021).

Pernyataan itu dapat mendrong parlemen Eropa lainnya untuk mengajukan pernyataan serupa.

Baca Juga: Ini Dia Si Domba Gondrong Tersesat di Australia Yang Tidak Cukur Bulu 5 Tahun

Label genosida dapat membawa konsekuensi hukum di badan internasional, sekaligus menarik perhatian pada situasi tersebut.

Tak ayal, pemerintah China merasa marah dengan pernyataan tersebut. Juru Bicara Kedutaan Besar China di Belanda mengutuk keras pernyataan itu.

“Genosida memiliki definisi yang jelas pada hukum internasional.Sementara Belanda terkenal sebagai ibu kota hukum internasional, beberapa anggota parlemen telah menggunakan topik serius ini sebagai modal politik dan dengan jahat membuat topik Xinjiang sensasional jelang pemilihan umum,” ujarnya dikutip dari Politico.

Baca Juga: Wanita Muslim Uighur Dilaporkan Diperkosa di Kamp Penahanan China, AS Lontarkan Ancaman

Sang juru bicara mengungkapkan anggota parlemen Belanda harus menghentikan langkah mereka jika ingin mencederai hubungan Belanda dan China.

Beijing terus bersikeras bahwa kamp Xinjiang sebenarnya adalah fasilitas pelatihan kejuruan, dan menampik adanya kerja paksa serta pelanggaran.

Penulis : Haryo-Jati

Sumber : Kompas TV


TERBARU