> >

Sekolah di New York Kembali Buka untuk Siswa Prasekolah dan SD

Kompas dunia | 8 Desember 2020, 04:26 WIB
Siswa SD dan prasekolah di New York, Amerika Serikat, kembali ke sekolah pada Senin, 7 Desember 2020. (Sumber: Associated Press)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Kota New York membuka kembali ruang kelas untuk siswa prasekolah dan sekolah dasar pada Senin (7/12/2020). Sekolah di AS telah melalui proses buka dan tutup kembali sebanyak beberapa kali selama pandemi, yang membuat frustasi banyak pihak di seluruh AS.

Kota New York yang memiliki 1 juta siswa, menutup pembelajaran tatap muka hanya dua minggu lalu. Namun kini mereka memutuskan untuk membuka sekolah dasar dan prasekolah, karena dorongan orang tua murid. Walikota New York memutuskan kini sudah cukup aman untuk membuka sekolah kembali.

Walikota New York, Bill de Blasio pada bulan lalu mengumumkan bahwa gedung sekolah akan ditutup setelah kota itu melewati ambang batas 3% dalam tes virus corona. Kini, mereka bahkan telah mencapai 5%, tetapi de Blasio mengatakan protokol pengujian baru membuatnya aman untuk membuka kembali sekolah.

Sekitar 190.000 siswa di New York kini bisa kembali bersekolah. Namun untuk pelajar sekolah menengah dan sekolah menengah atas akan tetap menjalani sekolah online, setidaknya sampai liburan akhir tahun berakhir.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, New York Berlakukan Pembatasan Sosial

"Ini adalah hari yang baik untuk Kota New York, bahkan dengan latar belakang yang sulit," kata de Blasio, Senin (7/12/2020), seperti dikutip dari the Associated Press.

Miriam Petrovitch yang merupakan salah satu staf di sebuah SD di Lower East Side Manhattan, New York, menyambut baik dibukanya sekolah kembali.

“Kami sangat merindukan mereka. Tidak ada sekolah tanpa anak,” kata Petrovitch.

Setelah menutup sekolah pada bulan Maret, New York menjadi salah satu kota besar AS pertama yang membuka kembali ruang kelas pada bulan September. Namun mayoritas orang tua tetap memilih pembelajaran online untuk anak-anak mereka. Orang tua lainnya memilih sistem hibrida, di mana siswa berada di ruang kelas mereka hanya beberapa hari dalam seminggu.

Baca Juga: Pemandangan Kota New York Sepi Akibat Pandemi Corona

Penulis : Tussie-Ayu

Sumber : Kompas TV


TERBARU