> >

Pandemi Covid-19, Penyerahan Hadiah Nobel Dilakukan di Negara Asal Pemenang

Kompas dunia | 7 Desember 2020, 22:13 WIB
Gedung balaikota Stockholm, Swedia tampak meriah dengan proyeksi visual yang terinspirasi oleh penemuan lubang hitam. Sejak Sabtu (5/12), Stockholm menggelar Pekan Nobel. (Sumber: Jessica Gow / TT via AP)

STOCKHOLM, KOMPAS.TV – Akibat pandemi Covid-19, upacara penyerahan hadiah Nobel yang biasanya digelar megah, tahun ini digelar sederhana sesuai protokol kesehatan yang diterapkan. Dilansir dari Associated Press, Senin (7/12), tahun ini, tak ada perjamuan mewah bagi para pemenang hadiah Nobel di Stockholm, Swedia atau Oslo, Norwegia.

Sebaliknya, upacara penyerahan hadiah Nobel akan digelar secara sederhana di kota tempat tinggal para pemenang di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Penyerahan hadiah dilakukan mulai Senin (7/12) di Berlin, Jerman.

Tahun ini, sebanyak 12 pemenang hadiah Nobel diumumkan. Selain mendapat medali emas dan sertifikat, pemenang juga berhak atas hadiah uang sebesar 10 juta krona atau USD 1,1 juta. Biasanya, upacara penyerahan hadiah Nobel digelar dengan perjamuan mewah setiap tanggal 10 Desember – tanggal kematian pendiri hadiah Nobel, Alfred Nobel – di  balaikota Stockholm dan di Oslo bagi pemenang kategori Nobel Perdamaian.  

Baca Juga: Bisakah Nobel Aung San Suu Kyi Dicabut?

Para pemenang hadiah Nobel sudah diumumkan pada Oktober lalu. Hadiah Nobel bidang fisiologi dan kedokteran diberikan pada Harvey J Alter, Michael Houghton dan Charles M Rice atas penemuan virus Hepatitis C. Hadiah Nobel bidang fisika dianugerahkan pada Roger Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez atas terobosan mereka dalam memahami lubang hitam, sementara hadiah Nobel bidang kimia jatuh pada Emanuelle Charpentier dan Jennifer A Doudna atas karya mereka dalam membuat alat yang bisa mengoreksi gen.

Hadiah Nobel bidang sastra dianugerahkan pada penyair AS Louise Gluck atas suara puitisnya yang mampu membuat keberadaan individu menjadi universal. Program Pangan Dunia (WFP) Perserikatan Bangsa-Bangsa memenangkan Nobel Perdamaian atas upaya mereka memerangi kelaparan dunia.

Baca Juga: Program Pangan Dunia (WFP) PBB Raih Nobel Perdamaian 2020

Upacara penyerahan hadiah ala pandemi dimulai Senin (7/12) waktu setempat dengan penyerahan hadiah oleh duta besar Swedia pada Charpentier dari Prancis di Berlin, Jerman.

Sepanjang pekan ini, para pemenang Nobel lain juga akan menerima medali dan sertifikat mereka. Penrose, seorang ilmuwan Inggris, akan menerima hadiah Nobel di London yang diserahkan oleh utusan Swedia bagi Inggris Raya. Sementara, peneliti Jeran Genzel akan menerima hadiahnya di Kantor Kanselir Bavaria di Munich, Jerman selatan.

Menyeberangi Samudera Atlantik, Alter akan menerima hadiah Nobel di Institut Kesehatan Nasional di Washington DC oleh duta besar Swedia untuk AS. Konsul Jenderal negara Skandinavia Swedia di New York akan menyerahkan hadiah pada Rice.

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU