Kompas TV nasional berita kompas tv

Bisakah Nobel Aung San Suu Kyi Dicabut?

Rabu, 6 September 2017 | 15:40 WIB

Pada akhir 1980-an, Aung San Suu Kyi adalah pejuang demokrasi yang dijadikan tahanan rumah oleh junta militer Myanmar. Total 15 tahun Suu Kyi tidak bisa bebas. Dia hanya boleh beraktivitas di dalam pagar rumahnya.

Tahun 1991, Suu Kyi diberi hadiah nobel perdamaian yang diterima kedua anak dan suaminya. Suu Kyi meneruskan perjuangan dengan cara perdamaian. Yang fenomenal adalah tulisannya di The New Times. Kalimatnya yang terkenal adalah “Tolong gunakan kemerdekaan Anda untuk memperjuangkan kemerdekaan kami”.

Kini, situasi berbalik. Suu Kyi yang punya kuasa tinggi di Myanmar dikecam karena serangkaian kekerasan di Rohingya. PBB bahkan menyimpulkan, pada konflik Rohingya yang pecah Oktober 2016 lalu, terjadi embakaran rumah, pembunuhan, dan pemerkosaan massal terhadap etnis Rohingya.

Desakan mencabut nobel Suu Kyi pun menggema. Benarkah nobel bisa dicabut?

Dari BBC, perwakilan kantor Komite Nobel Jinna Petterson menyatakan, berdasarkan anggaran dasar organisasi tersebut, hadiah nobel tidak dapat dicabut.

Bukan hanya Suu Kyi yang nobel perdamaiannya digugat. Sebelumnya, aktivis juga meminta mencabut novel bagi Henry Kissinger dan Barack Obama.

Editor :



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:47
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!    BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL    KEPALA PENERANGAN KOGABWILHAN III SEBUT AKSI KKB DI PAPUA KARENA INGIN CARI PERHATIAN DUNIA JELANG SIDANG PBB   MANCHESTER UNITED KALAH 1-3 DARI CRYSTAL PALACE PADA LAGA LIGA INGGRIS DI STADION OLD TRAFFORD   MALAM INI, TIMNAS INDONESIA U-19 HADAPI TIMNAS QATAR U-19 DI STADION SRC MLADOST, KROASIA    DUBES RI UNTUK AMERIKA SERIKAT M LUTFI BERKOMITMEN MEMAJUKAN KERJA SAMA INDONESIA-AS DALAM MENANGGULANGI COVID-19   KBRI MOSKWA PROMOSIKAN PARIWISATA INDONESIA SAAT KUNJUNGAN KERJA KE PROVINSI SAMARA, RUSIA   TIONGKOK KECEWA ATAS KEPUTUSAN AMERIKA SERIKAT YANG LARANG APLIKASI TIKTOK DAN WECHAT   PRAMONO UBAID TANTHOWI: KPU MENGAPRESIASI KEINGINAN PEMERINTAH UNTUK MENGELUARKAN PERPPU PILKADA 2020   KEPALA BAPPILU PARTAI DEMOKRAT ANDI ARIEF SEBUT PARTAINYA TERIMA KEPUTUSAN PEMERINTAH JIKA PILKADA 2020 DITUNDA   KPU SUMBAR MINTA MASYARAKAT BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MEMASTIKAN DATA SEBAGAI PEMILIH DI PILKADA 2020   KPU KABUPATEN SUMENEP, JATIM, UMUMKAN JUMLAH DAFTAR PEMILIH SEMENTARA UNTUK PILKADA SEBANYAK 823.543 ORANG   BNN SIAP MEMBANTU DALAM PENCARIAN TERPIDANA WARGA NEGARA TIONGKOK CAI CHANGPAN YANG KABUR DARI LAPAS TANGERANG   TERPIDANA WARGA NEGARA TIONGKOK CAI CHANGPAN KABUR LEWAT GALIAN LUBANG YANG DIBUAT DI DALAM SEL