> >

Mank, Kisah Kontroversi Naskah Film Terbaik Sepanjang Masa Citizen Kane

Sinopsis film | 15 Maret 2021, 23:25 WIB
Poster film Mank yang bercerita tentang pembuatan naskah film terbaik sepanjang masa: Citizen Kane. (Sumber: Netflix via Kompascom)

SOLO, KOMPAS.TV - Film terbaru garapan David Fincher berjudul Mank mengantongi nominasi terbanyak Golden Globe 2021 dan Oscar 2021. Mank bercerita tentang penulisan naskah Citizen Kane yang terkenal sebagai film terbaik sepanjang masa.

Mank adalah film drama biografi. Film ini berpusat pada perjalanan penulis naskah Herman J Mankiewicz (Gary Oldman). Ia memanggil dirinya dengan sebutan Mank.

Film ini akan menceritakan kisah Mankiewicz menggarap naskah Citizen Kane. Mankiewicz terlibat pertengkaran dengan sutradara Orson Welles atas kredit penulis skenario film Citizen Kane.

Baca Juga: Sinopsis I Care A Lot, Kisah Penipu Amoral yang Gemar Mencuri Harta Para Lansia

Selain Gary Oldman, film ini juga menampilkan Amanda Seyfried yang berperan sebagai Marion Davies, Lily Collins sebagai Rita Alexander, dan Tom Burke sebagai Orson Welles.

Berikut sinopsis film Mank yang dapat ditonton di layanan streaming Netflix.

Latar waktu Mank ada pada masa 1930-an. Saat itu, Herman J. Mankiewicz telah menyelesaikan skenario film Citizen Kane untuk sutradara Orson Welles.

Mank menggarap rancangan pertama skenario Citizen Kane itu selama lebih dari dua bulan di Kemper Campbell Ranch, California. Hasilnya, Mankiewicz mengirimkan 300 halaman naskah pada Welles.

Namun, Welles memberi banyak catatan perbaikan untuk naskah itu. Mank pun menghabiskan waktu untuk mengutak-atik naskah sesuai masukan dari Welles.

Baca Juga: Film Pendek Nyengkuyung, Persembahan Ravacana Untuk Sambut Bulan Film Nasional

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU