> >

Tambah Anggaran Rp 53 Miliar, Pemerintah akan Beri BLT Sampai Desember

Kebijakan | 4 Agustus 2020, 16:21 WIB
Ilustras: uang BLT (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 53 miliar untuk pencairan bantuan langsung tunai atau BLT dana desa.

Dengan adanya tambahan dana sebesar itu, maka rencananya BLT yang disalurkan kepada masyarakat diperpanjang sampai Desember 2020.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Baca Juga: Menteri Desa Klaim BLT DD Sudah Tersalurkan Dengan Baik

Abdul Halim menuturkan, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, anggaran dana desa memang dialihkan menjadi BLT dana desa sebagai upaya perlindungan sosial. 

Dia menuturkan, karena akhir dari pandemi Covid-19 belum pasti, sehingga membuat BLT dana desa diperpanjang hingga Desember 2020.

Abdul Halim menjelaskan, anggaran tambahan sebesar Rp 53 miliar itu nantinya akan digunakan untuk membantu beberapa desa yang tak memiliki cukup uang karena keterbatasan.

"Kalau BLT disalurkan sampai Desember, ada beberapa desa yang duitnya enggak cukup," kata Abdul Halim dalam konferensi pers, Selasa (4/8).

Baca Juga: Diduga Selewengkan Dana BLT Untuk Korban Covid-19, 3 Kades di Minahasa Dinonaktifkan

Menurut dia, ada sebanyak 550 desa di 33 provinsi yang tidak memiliki anggaran cukup untuk tambahan dana desa. Hal itu terjadi akibat dana desa yang cair lebih awal dari biasanya.

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU