> >

Akademisi ITB: Tantangan Indonesia, Mengolah Batubara Menjadi Energi Bersih

Ekonomi dan bisnis | 27 September 2021, 10:51 WIB
Tongkang-tongkang bermuatan batubara melintas di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (8/3/2021). (Sumber: Kompas.id/Priyambodo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Guru Besar Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung Dwiwahju Sasongko mengatakan, tantangan ke depan adalah memanfaatkan batubara secara lebih bijak dengan mengembangkan teknologi pengolahan batubara yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

”Apakah mungkin kita bisa menuju energi bersih dengan tetap menggunakan batubara? Ini yang akan menjadi tantangan,” ucapnya dalam webinar Hilirisasi Batubara untuk Kemandirian Energi, Jumat (24/9/2021) malam.

Diketahui, sejumlah negara investor utama di sektor energi berbasis batubara ramai-ramai menyatakan untuk beralih mengembangakan energi hijau yang rendah karbon. Salah satunya China, selaku investor terbesar proyek PLTU batubara dunia yang menyatakan tidak akan membangun pembangkit listrik berbasis batubara lagi di luar negeri.

Menurut Sasosngko, dibutuhkan penelitian mendalam untuk mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi berbagai emisi karbon dari proses pengolahan batubara.

Misalnya, mengatasi abu dan karbon dioksida (CO2) tak netral yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara agar bisa diolah kembali dan tidak berdampak buruk pada lingkungan.

”Kami sedang mendalami bagaimana mengonversi CO2 yang dilepaskan PLTU menjadi produk berharga,” terang Sasongko. 

Pihaknya telah mengusulkan proses fotokatalitik atau elektrokimiawi agar CO2 tidak langsung dilepas ke atmosfer, tetapi dipisahkan dan dimanfaatkan untuk menjadi metanol. Sehingga, metanol tidak hanya dihasilkan dari batubara, tetapi juga dari buangan CO2 batubara

Baca Juga: Batubara Mulai Ditinggalkan Investor, Indonesia Justru Pacu Hilirisasi

Program hilirisasi

Sementara, Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sujatmiko menyampaikan, saat ini, ada dua proyek gasifikasi batubara yang sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Kompas.id


TERBARU