Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Libur Hari Kenaikan Yesus Kristus, KRL Yogya-Palur Mulai Beroperasi Pukul 05.30 hingga 22.35 WIB

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 05:00 WIB
libur-hari-kenaikan-yesus-kristus-krl-yogya-palur-mulai-beroperasi-pukul-05-30-hingga-22-35-wib
Foto arsip KRL Solo-Jogja. PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) (Sumber: KAI Commuter Line)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Memasuki masa libur panjang atau long weekend Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024 di Yogyakarta dan sekitarnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) memastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya. 

Diprediksi total pengguna Commuter Line atau akrab disebut KRL Yogyakarta pada libur panjang mulai hari ini, Kamis (9/5) sebanyak 93.895 orang atau rata-rata sebanyak 23.474 orang per harinya.

KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga memprediksi volume tertinggi selama libur panjang ini sebanyak 24.768 orang pada Minggu 12 Mei.

Alhasil KAI Commuter kembali mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan KRL Yogyakarta-Palur. VP Corporate Secretary Anne Purba KAI Commuter menyampaikan ada 30 perjalanan setiap harinya sepanjang Kamis (9/5) sampai Minggu (12/5). 

"Pada periode tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB," tulis Anne melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Rabu (8//5).

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah, Pakai WhatsApp, hingga Aplikasi JKN

Sesuai data tercatat, pada Mei 2024 ini rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 25.871 orang per hari. Sedangkan pada April kemarin rata-rata sebanyak 26.320 orang per hari, dimana volume tertinggi pada hari libur atau akhir pekan menembus angka 41.535 orang yaitu pada Sabtu, 13 April. 

Pada hari libur, Stasiun Yogyakarta terpantau sebagai stasiun dengan volume terbanyak. Tercatat pada hari libur atau akhir pekan rata-rata volume di stasiun tersebut sebanyak 10 – 11 ribu orang tiap harinya. Volume tertinggi mencapai 17.390 orang pada Sabtu 13 April 2024, bertepatan dengan masa libur Lebaran 2024.

"Maka itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau pengguna KRL Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.600 – 3.000 pada hari libur," tukas Anne.

"Di sisi lain, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga meningkatkan layanannya pada libur panjang esok dengan penambahan toilet, perluasan musala, penambahan kanopi, penambahan Pos Kesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Palur," tambah Anne.

Sebagai informasi, KRL sendiri dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karangayar. Mengingat, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata pada saat liburan.

Diharapkan juga pengguna yang akan berwisata menggunakan KRL dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas.

Baca Juga: KAI Wisata Buka Lowongan Kerja Customer Service Penempatan Yogyakarta, Begini Syaratnya


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x