Kompas TV advertorial
advertorial

Dukung Pembinaan Kelompok Rentan, BNPT Tingkatkan Keterampilan Petugas Pemasyarakatan

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 15:43 WIB
dukung-pembinaan-kelompok-rentan-bnpt-tingkatkan-keterampilan-petugas-pemasyarakatan
BNPT melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Warga Binaan Tindak Pidana Terorisme sejak 19 Maret 2024. (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Salah satu program prioritas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun 2024 adalah memberdayakan kelompok rentan yang terdiri dari perempuan, anak, dan remaja.

Untuk menghadapi kelompok rentan yang sedang menjalani masa hukuman, BNPT berkomitmen meningkatkan keterampilan petugas pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan.

Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen. Pol. Ibnu Suhaendra, S.IK., mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan keterampilan anggota Ditjenpas (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) dalam mendukung pelaksanaan program pembinaan, khususnya bagi warga binaan tindak pidana terorisme, terutama kelompok perempuan, anak, dan pemuda.

Baca Juga: BNPT Gelar Forsitas di Makassar sebagai Bentuk Perhatian Negara kepada Penyintas Terorisme

Hal tersebut disampaikan Ibnu dalam Kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Warga Binaan Tindak Pidana Terorisme yang berlangsung 3 hari sejak 19 Maret 2024.

Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen. Pol. Ibnu Suhaendra, S.IK., (Sumber: Dok. BNPT)

Menurut Ibnu, penanganan terhadap warga binaan tindak pidana terorisme menjadi tantangan tersendiri dan petugas pemasyarakatan dituntut untuk mampu membina agar mereka melepaskan paham-paham kekerasan yang selama ini dianut.

Menurut Ibnu, pembinaan warga binaan tindak pidana terorisme tidak dapat disamakan dengan warga binaan kasus kejahatan lainnya. Proses pembinaan terutama dalam kelompok perempuan, anak, dan remaja menjadi tantangan tersendiri.

“Petugas pemasyarakatan dituntut untuk mampu membina mereka agar dapat melepaskan diri dari paham kekerasan yang dianutnya, memiliki pemahaman serta dapat menerima pihak yang berbeda dengan mereka," tegas Ibnu.

Baca Juga: Diseminasi di Hongkong, BNPT RI Ajak PMI-WNI Kuatkan Nilai Kebangsaan, Persatuan, dan Kesatuan

Putra, salah satu petugas Lapas Khusus Gunung Sindur, berharap kegiatan ini akan menghasilkan panduan dalam memberikan pembinaan yang tepat bagi 11 warga binaan tindak pidana terorisme di lapasnya.

"Harapannya ini bisa menjadi panduan untuk kami melakukan pembinaan yang tepat," pungkas Putra.

Peningkatan keterampilan dilakukan dengan metode pembelajaran yang interaktif dan aplikatif. Adapun peserta pelatihan merupakan perwakilan dari kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Jawa barat, dan Banten.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x