Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Gelar Forsitas di Makassar sebagai Bentuk Perhatian Negara kepada Penyintas Terorisme

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 17:30 WIB
bnpt-gelar-forsitas-di-makassar-sebagai-bentuk-perhatian-negara-kepada-penyintas-terorisme
BNPT menggelar Forum Silaturahmi Penyintas (Forsitas) di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 6–7 Maret 2024. (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

MAKASSAR, KOMPAS.TV– Kehadiran Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) dalam memberikan perhatian kepada para korban aksi terorisme terus berlangsung.

Salah satu aktivitas rutin yang digagas BNPT adalah Forum Silaturahmi Penyintas (Forsitas). Kali ini, Forsitas hadir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 6–7 Maret 2024. Sebanyak 30 orang penyintas aksi terorisme yang berasal dari Poso dan Makassar berpartisipasi dalam forum ini.

Baca Juga: Bangun Deteksi Dini Masyarakat Desa, BNPT Gandeng Kemendes PDTT Sukseskan Desa Siap Siaga

Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol. Drs. Imam Margono menyatakan, Forsitas merupakan bentuk kehadiran negara dalam memberikan perhatian kepada penyintas aksi terorisme. Selain itu, Forsitas juga bertujuan menjadi wadah silaturahmi untuk membangun rasa tangguh di antara sesama penyintas.

“Kami sebagai negara hadir untuk memberikan perhatian, mengumpulkan penyintas dari berbagai wilayah agar saling mengenal dan memperkuat satu sama lain sehingga tercipta rasa tangguh terhadap kerentanan akibat menjadi korban terorisme,” ungkap Imam.

Para penyintas diberikan pembekalan materi penguatan psikologis oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Para penyintas diberikan pembekalan materi penguatan psikologis oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) salah satunya lewat outbond training. (Sumber: Dok. BNPT)

Melalui pembekalan ini, penyintas dapat mengatasi stres dan trauma yang mereka alami serta memberikan dukungan kepada sesama penyintas yang membutuhkan. Solidaritas mereka juga diperkuat melalui kegiatan outbound training.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan turut mendukung penuh agenda rutin Forsitas. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dr. H. Andi Mappatoba, M.B.A., menegaskan, forum yang diinisiasi BNPT ini merupakan momentum bagi pemerintah daerah untuk turut serta dalam program pemulihan korban terorisme.

“Forsitas ini menjadi momentum untuk menghasilkan tindak lanjut konstruktif yang dapat dijadikan acuan di provinsi,” tambah Andi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x