Kompas TV advertorial

Integrasi SPBE: Pilar Transformasi Digital Indonesia Lewat One Data One Policy

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 17:00 WIB
integrasi-spbe-pilar-transformasi-digital-indonesia-lewat-one-data-one-policy
Program Transformasi Digital Nasional menjadi tonggak penting dalam pencapaian visi ini, terlebih tingkat penetrasi internet dan pengguna internet yang terus bertambah tiap tahun. (Sumber: Dok. KompasTV)
Penulis : Adv Team

KOMPAS. TV – Dalam rangka mewujudkan negara dengan fundamental ekonomi kuat serta mampu bersaing secara global, Indonesia terus mengejar solusi strategis, salah satunya lewat transformasi digital.

Program Transformasi Digital Nasional menjadi tonggak penting dalam pencapaian visi ini, terlebih tingkat penetrasi internet dan pengguna internet yang terus bertambah tiap tahun.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 215,6 juta pada periode 2022–2023 atau meningkat 2,67 persen dari periode sebelumnya. 

Pertumbuhan ini membuktikan masyarakat yang makin terhubung secara digital sehingga membuka peluang besar untuk mendukung transformasi ekonomi dan administratif.

Kehadiran yang luas dari pengguna internet membuka peluang bagi perkembangan berbagai sektor, termasuk e-commerce, edukasi online, dan inovasi dalam layanan publik. 

Dengan demikian, fenomena pertumbuhan pengguna internet ini dapat menjadi pendorong utama bagi perkembangan teknologi dan perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia.

Implementasi kebijakan dan strategi "One Data, One Policy" atau “Satu Data” menjadi pondasi utama mendorong Transformasi Digital Nasional.

Baca Juga: Launcing Program Jembrana Satu Data Dari Desa

Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia mencerminkan komitmen pemerintah untuk menciptakan data berkualitas, standar setara, dan mudah diakses secara bersama-sama. Langkah ini membantu proses pengambilan kebijakan yang lebih tepat berdasarkan data yang akurat.

Peluncuran Portal Satu Data Indonesia pada akhir 2022 adalah langkah konkret pemerintah dalam mewujudkan visi Satu Data. Dengan pembangunan portal ini, Presiden Joko Widodo berharap agar birokrasi menjadi lebih efisien dan efektif. 

Portal Satu Data memberikan akses terintegrasi kepada semua kementerian/lembaga, menghindari tumpang-tindih data, dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan.

Pentingnya Transformasi Digital Nasional juga tercermin dalam pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

PDN, yang direncanakan berlokasi di Cikarang, Batam, dan IKN Nusantara, menjadi tonggak akselerasi transformasi digital di Indonesia. Melalui PDN, Kemenkominfo berusaha memenuhi tiga fokus utama, yakni penyediaan infrastruktur TIK, transformasi digital, dan peningkatan pengelolaan komunikasi publik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x