Kompas TV advertorial

Kampus ini Dianggap Paling Fleksibel Sistem Perkuliahannya, Cek Faktanya!

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 11:38 WIB
kampus-ini-dianggap-paling-fleksibel-sistem-perkuliahannya-cek-faktanya
Gedung Universitas Terbuka Jakarta (Sumber: Dok. Universitas Terbuka)
Penulis : Adv Team

 

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Universitas Terbuka Jakarta adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem perkuliahan jarak jauh dan terbuka yang diakui fleksibilitasnya. Di tengah-tengah hadirnya banyak kampus yang menawarkan sistem kuliah online. Tapi hanya di Universitas Terbuka Jakarta yang benar-benar dapat menerapkan perkuliahan 100% secara online.

Keunggulan yang dapat ditawarkan kuliah jarak jauh antara lain sistem perkuliahan yang sangat fleksibel. Tempat dan waktu sudah tidak lagi menjadi kendala bagi kuliah jarak jauh. Karna dengan perkuliahan secara online memungkinkan seluruh mahasiswa dapat kuliah darimana saja dan kapan saja. Fleksibilitas yang ditawarkan UT Jakarta menjadi solusi bagi yang ingin kerja sambil kuliah.

UT Jakarta memberikan jawaban bagi masyarakat yang ingin kuliah, meski tetap dapat meneruskan karir dan pekerjaannya. Kuliah jarak jauh di UT memberikan jalan keluar bagi masyarakat yang ingin mewujudkan mimpinya untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Dengan mendapatkan gelar sarjana pastinya semakin membuka peluang seseorang dalam meningkatkan karirnya di dunia professional.

Edward Zubir, Direktur UT Jakarta juga menekankan bahwa mahasiswa UT Jakarta memilih kuliah di UT karna fleksibilitas sistem perkuliahannya. Berdasarkan survei internal UT Jakarta, 75% mahasiswa UT adalah karyawan/pekerja. Ini menandakan bahwa UT Jakarta memberikan solusi bagi siapa saja yang ingin menggapai gelar pendidikan tinggi dari sarjana, magister dan doktor, meski mereka sibuk bekerja.

“UT Jakarta adalah jawaban bagi siapa saja yang ingin kuliah tanpa meninggalkan pekerjaannya” tegas Direktur UT Jakarta

Dominannya mahasiswa memilih modus pembelajaran melalui tutorial online, dengan mengakses elearning.ut.ac.id. Sistem perkuliahan dengan modus ini sifatnya asinkronus, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat mengakses perkuliahan kapan saja selama durasi per setiap pertemuaannya masih dibuka. Setiap pertemuan atau inisiasi durasinya satu hingga dua minggu. Selama pertemuan tersebut masih dibuka, mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan, forum diskusi, dan tugas perkuliahan kapan saja, tanpa dibatasi waktu atau jam tertentu seperti kelas-kelas tatap muka.

Selanjutnya, perkembangan ujian di UT Jakarta yang menerapkan jenis Ujian Semi Online Proctoring (USOP) menandakan bahwa ujian akhir semester bukan menjadi kendala bagi orang yang sibuk bekerja. Meski penerapannya fleksibel, sistem pengawasan dan monitoring USOP dinilai sangat berkualitas dan sesuai dengan standar penjaminan mutu dan kualitas penyelenggaraan lembaga pendidikan yang ter-akreditasi.

Pelayanan kepada mahasiswa juga semakin dipermudah dengan adanya layanan online untuk mahasiswa UT Jakarta. Jika ada kendala selama perkuliahan, ada pertanyaan seputar info akademik dan non akademik dapat disampaikan dan ditanyakan pada layanan online UT Jakarta. Layanan online UT Jakarta ini dapat diakses melalui sl.ut.ac.id/pelayanan_online_utjkt, Direct Messagge (DM) di Instagram @UT Jakarta, dan Whatsapp official UT Jakarta di 081381113953. Selain pelayanan online, pendaftaran mahasiswa baru juga dilakukan secara online, jadi calon mahasiswa baru tidak perlu datang ke UT Jakarta untuk melakukan pendaftaran. Cukup satu pintu pendaftarannya yaitu via admisi-sia.ut.ac.id

Terakhir, sistem perkuliahan di UT Jakarta juga dilengkapi dengan fasilitas sumber belajar online yang mudah diakses, seperti bahan ajar digital, UT TV , UT Radio dan latihan mandiri yang dapat diakses 24 jam non stop secara online. Semua materi pendukung utama pembelajaran bersifat open source, tidak hanya mahasiswa UT yang bisa mengakses. Bahkan yang bukan mahasiswa UT juga dapat mengakses dengan sangat mudah sumber belajar Universitas Terbuka.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x