Kompas TV advertorial

Hindari Praktik Abal-abal, Hanya Keturunan Asli yang Bisa Wariskan Terapi Mak Erot

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 11:18 WIB
hindari-praktik-abal-abal-hanya-keturunan-asli-yang-bisa-wariskan-terapi-mak-erot
Meneruskan terapi Mak Erot tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada tata cara yang harus dijalani keluarga untuk menjadi penerus yang paripurna. (Sumber: Dok. Bukhori)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Banyaknya terapis abal-abal yang mencatut nama “Mak Erot” membuat keturunan aslinya di Sukabumi merasa gerah. Seperti diketahui, nama Mak Erot melegenda berkat keahliannya terapi alat vital laki-laki.

Pasalnya, terapis abal-abal kerap menggunakan metode praktik sembarangan. Tak hanya suntik dan ramuan kimia, mereka juga menggunakan alat vacum yang tak jarang membuat penis bengkak. Alhasil, keluhan dan kecaman dari pasien yang gagal salah sasaran ke penerus asli keahlian Mak Erot.

"Akhirnya banyak dari mereka pasien terapi yang kemudian datang ke keturunan aslinya setelah melakukan pencarian sendiri. Mereka ingin memperbaiki alat vitalnya yang malah rusak setelah menjalani terapi abal-abal yang mengatasnamakan emak," kata H. Bukhori, cucu Mak Erot.

Bukhori menuturkan, pencatutan nama Mak Erot oleh terapis abal-abal merugikan keluarga besar, khususnya pewaris ilmu Mak Erot. Praktik sembarangan yang banyak dilakukan membuat banyak pasien kecewa dan mencap buruk keahlian mereka.

"Tentu kami yang dirugikan, kami yang mendapat kecaman. Padahal kami ini benar-benar hanya meneruskan kemampuan almarhumah emak yang dikenal menjalankan praktiknya secara tradisional lalu dirusak oleh praktisi terapi abal-abal yang bermodalkan nama besar emak," curhat Bukhoril.

Silsilah keluarga Mak Erot

Masih banyak anak-anak Mak Erot yang hidup dan tinggal di sekitar kediaman H. Bukhori di Kampung Sukatani, Desa Wangunsari, RT.06, RW.03, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, hingga ke Kampung Cisolok.

Mereka adalah Tobi, Buyak dan Nahrudin ayah dari Akmal. Selain mereka bertiga, putri Mak Erot yang bernama Aenah juga masih ada.

Sementara, yang sudah meninggal adalah Khadijah, ibu kandung H. Bukhori yang sudah 31 tahun melakukan terapi asli Mak Erot.

Baca Juga: Polisi Hipnoterapi Warga Agar Berani Suntik Vaksin

Bukhori menceritakan silsilah dan nama anak-cucu keturunan asli Mak Erot. Ia mengatakan, hal ini penting untuk menghindari pencatutan dan penyalahgunaan nama Mak Erot.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x