Kompas TV advertorial

Program Kartu Prakerja Diklaim Paling Bermanfaat, Ini Syarat Pendaftarannya

Kompas.tv - 24 September 2021, 15:34 WIB
program-kartu-prakerja-diklaim-paling-bermanfaat-ini-syarat-pendaftarannya
Dialog Produktif Kabar Kamis Siang Forum Merdeka Barat 9, Kamis (23/9/2021). (Sumber: Dok. KPCPEN)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, Kartu Prakerja merupakan program paling paling bermanfaat dan paling banyak diterima masyarakat di tengah pandemi.

Ia menyebutkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja melalui berbagai macam pelatihan.

“Tujuan utama Kartu Prakerja adalah memberikan pancing dalam bentuk pelatihan peningkatkan kompetensi, bukan memberikan ikannya. Namun jika ada peserta yang juga mengharapkan insentifnya, itu manusiawi mengingat kondisi pandemi yang menyulitkan banyak orang,” kata Denni dalam Dialog Produktif Kabar Kamis Siang Forum Merdeka Barat 9, Kamis (23/9/2021).

“Sebagai upaya pendampingan, kami terus memberikan edukasi, sosialisasi, juga rekomendasi pekerjaan yang sesuai keterampilan yang didapatkan peserta saat mengikuti program,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Peserta akan mendapatkan saldo bantuan awal untuk mengikuti pelatihan yang disediakan dan dipilih sesuai minat. Setelah itu, mereka dapat mencairkan insentif berupa bantuan sosial tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan, untuk 4 bulan.

Baca Juga: Angka Positif Covid-19 Turun Drastis, Indonesia Gencarkan Penggunaan Masker dan Vaksinasi

Denni menjelaskan, Kartu Prakerja sudah melayani masyarakat di seluruh Indonesia di 514 kabupaten kota, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Program ini telah memasuki gelombang ke-21 dan menjangkau lebih dari 11,4 juta penerima manfaat.

Hingga saat ini, pihaknya telah menerima sekitar 75 juta pendaftar. Pada Semester I/2021, 99 persen peserta telah menyelesaikan pelatihan.



Sumber : Rilis Humas KPCPEN


BERITA LAINNYA



Close Ads x