Kompas TV video cerita indonesia

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melihat Kembang Api

Kompas.tv - 1 Januari 2020, 00:12 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Perayaan tahun baru sangat idientik dengan pertunjukan pesta kembang api. Pendar cahayanya yang bewarna-warni di gelapnya langit, menghiasi malam pergantian tahun baru. Pertunjukan seperti ini banyak digelar oleh masyarakat seluruh dunia. Meskipun indah dan menyenangkan, ternyata kembang api cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. 
Apabila terkena percikan kembang api, tubuh dapat mengalami luka bakar. Tak hanya itu, asap yang dikeluarkan dari kembang api ini juga dapat menyebabkan polusi udara,  sehingga berbahaya apabila terhirup oleh manusia. 

Saat pertunjukan kembang api, kadar partikulat debu (suspended particulate atters/SPM),  seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, sampai hidrokarbon meningkat drastis. Partikel-partikel ini dapat membahayakan tubuh, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Jika terkena mata, dapat menyebabkan sakit mata. Apabila terhisap, dapat menyebabkan mengganggu saluran pernapasan. Tak hanya itu, suara dari letusan kembang api juga dapat berdampak buruk terhadap telinga.
Jadi, apabila anda hendak menyaksikan kembang api, sebaiknya memperhatikan hal-hal di atas. Cari tempat yang aman, sehingga tidak terkena dampak dari polusi yang dapat merusak tubuh. 
 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x