Kompas TV video vod

Bagaimana Kesiapan Para Capres Jelang Debat Ketiga Pilpres 2024? | ULASAN ISTANA

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 23:48 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Debat ketiga pilpres segera digelar. Para Capres Anies, Prabowo dan Ganjar akan adu gagasan soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Capres-cawapres saling melontarkan kritik, salah satunya soal alat utama sistem senjata atau alutsista.

Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran percaya diri tema debat ketiga pilpres nanti akan menguntungkan Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto yang berkarier lama di militer sekaligus kini menjabat Menteri Pertahanan.

Di sela kegiatan kampanye di Demak, Jawa Tengah, Capres Nomor Urut 3  Ganjar Pranowo menilai kebutuhan alutsista di Indonesia harus disiapkan serius dibarengi dengan kesiapan prajurit TNI dari 3 matra darat, laut dan udara.

Ganjar juga menilai Indonesia punya kemampuan memproduksi alutsista sendiri.

Sementara dari pasangan Calon Nomor Urut 1, Cawapres Muhaimin Iskandar menyindir soal utang Indonesia akibat pembelian alutsista.

Muhaimin mempertanyakan negara tidak sedang perang tetapi membeli alat perang banyak.

Muhaimin menilai, utang lebih baik digunakan untuk pengadaan alat pertanian dari pada alat perang.

Kritik yang dilontarkan Ganjar dan Muhaimin soal alutsista secara tidak langsung menyasar kepada Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto/ yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran menanggapi kritikan sebagai hal yang biasa dalam kontestasi politik dan menganggap calon lain panik.

Pengamat Militer yang juga Kepala Center For Intermestic and Diplomatic Engagement, Anton Aliabbas menyebut ada sejumlah poin yang diharapkan dapat dikupas mendalam pada debat ketiga capres nanti, yakni kesejahteraan prajurit, alutsista, visi poros maritim di mata masing-masing calon presiden, serta tantangan pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik dalam 5 tahun mendatang. 

Baca Juga: Momen Cak Imin Potong Rambut di Tukang Cukur Jokowi dan SBY saat Kampanye di Garut


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x