Kompas TV video vod

MA Gelar Rapat Pokja Hakim Perempuan dan Anak - MA News

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 12:10 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai upaya untuk memastikan terpenuhinya hak-hak perempuan dan anak dalam penyelesaian perkara di peradilan, kelompok kerja perempuan dan anak Mahkamah Agung, menggelar pertemuan dengan stakeholder dan pihak Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pertemuan ini dipimpin oleh Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung, Professor Takdir Rahmadi, dan dihadiri oleh sejumlah Hakim Agung, anggota Pokja yang berasal dari Pengadilan Pidana, Pengadilan Perdata, Pengadilan Agama, Pengadilan Militer, Pengadilan Tata Usaha Negara, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Pertemuan dilakukan secara langsung maupun daring di Hotel Holiday Inn, Jakarta, pada tanggal 1-2 Agustus 2023.

Pertemuan ini membahas evaluasi kinerja pengurus Pokja Perempuan dan Anak periode sebelumnya, kepada pengurus Pokja Perempuan dan Anak periode mendatang.

Baca Juga: Rangkaian Acara Milad ke-65 Pengadilan Tinggi Agama di Sumatera Barat - MA NEWS

Pembahasan terhadap issue, aturan dan kebijakan melalui peraturan Mahkamah Agung terkait peradilan yang menyangkut perempuan dan anak di pengadilan.

Serta membahas berbagai vonis pengadilan yang diberikan hakim pada pengadilan yang melibatkan perempuan dan anak.

Diharapkan dalam pertemuan ini, ada evaluasi dalam penegakan keadilan untuk perempuan dan anak.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Omar Sharif Hiariej menyatakan, menyambut baik pertemuan ini.

Omar menyatakan lewat pertemuan ini kedepannya ada standar dan persepsi yang sama antara hakim tingkat pertama maupun tingkat banding, dalam memberikan putusan yang sesuai dengan undang-undang, dalam mengadili perkara yang menyangkut perempuan dan anak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x