Kompas TV video vod

Orasi Ilmiah, Menteri Investasi Tekankan Hilirisasi Itu Upaya Mengembangkan Industri Berkelanjutan

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 11:57 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia menekankan pentingnya hilirisasi sebagai instrumen negara berkembang untuk menjadi negara maju.

Hal tersebut disampaikan dalam orasi ilmiahnya bersama dengan Chairman of the board & Ceo Freeport-McMoRan, Richard C. Adkerson di Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Gajahmada Yogyakarta.

Dalam orasi ilmiah bertajuk transformasi ekonomi melalui hilirisasi dengan kearifan lokal tersebut, Bahlil menyampaikan bahwa hilirisasi merupakan upaya untuk mengembangkan industri berkelanjutan yang telah terbukti berdampak pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, bahkan peningkatan pendapatan negara.

Baca Juga: MA dan KemenPPPA Lakukan MoU untuk Lindungi Hak Perempuan dan Anak - MA NEWS

Ceo Freeport-McMoRan, Richard C. Adkerson dalam orasinya juga menyampaikan kebanggaannya atas kontribusi Freeport-McMoRan melalui PT Freeport Indonesia yang hingga kini tambang di Papua telah dioperasikan sepenuhnya oleh Warga Negara Indonesia.

Richard juga menjelaskan bahwa dibangunnya Smelter Tembaga di Gresik, Jawa Timur merupakan bentuk komitmen PT Freeport Indonesia kepada Pemerintah Indonesia untuk mendorong hilirisasi dalam penciptaan nilai tambah sumber daya alam.

Selain sesi pemaparan dan tanya jawab dalam orasi ilmiah di dua universitas tersebut, dilakukan pula penyerahan beasiswa untuk 50 mahasiswa berprestasi dan 10 mahasiswa berprestasi Papua.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x