Kompas TV video vod

Rezeki Nomplok! Kerajinan Vandel Wayang Buatan Agus Suryono Jadi Suvenir Resmi KTT G20

Kompas.tv - 19 September 2022, 19:42 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KLATEN, KOMPAS.TV - Seorang perajin asal Klaten, Jawa Tengah sedang disibukkan untuk menyelesaikan pesanan vandel berbentuk wayang untuk dijadikan suvenir dalam acara Internasional Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November mendatang.

Sebelum terpilih menjadi suvenir resmi untuk acara internasional ini, Agus Suryono sang perajin harus mendaftar dan bersaing dengan ribuan UMKM lainnya dari seluruh Indonesia.

Dan tak disangka, ia bisa  menjadi 1 dari 20 UMKM kerajinan yang berhasil terpilih menjadi Perajin Official Merchandise KTT G20.

Pesanan yang datang diminta langsung oleh Kementerian Koperasi dan UMKM melalui Smesco dan Agus diminta untuk membuat suvenir vandel dengan bentuk bentuk wayang ini sebanyak 100 buah.

Baca Juga: Sebelum Piala Dunia 2022 Qatar, Presiden FIFA Gianni Infantino akan Hadir di KTT G20 Bali

Kerajinan milik Agus ini merupakan kerajinan yang dibuat oleh tangan yang bertempat di rumah.

Agus memang sudah sejak tahun 2011 menjadi perajin yang kerap membuat suvenir wayang dengan berbagai bahan mulai dari kulit, kayu, dan logam.

Untuk harga produk kreasinya ini cukup bervariasi yakni mulai dari Rp 5.000 hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran dan bahan.

Sementara untuk produk yang terpilih menjadi suvenir resmi KTT G20, Agus menyiapkan dua vandel wayang, yakni berbahan logam dengan bingkai kayu dan vandel wayang berbahan kayu, serta satu tempat pena yang dilengkapi dengan gunungan wayang.

Produk yang dikirimkan untuk suvenir KTT G20 Bali tersebut dibanderol dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Baca Juga: Ambil Momentum di KTT G-20, Pertamina Targetkan 312 Stasiun Energi Hijau untuk Kendaraan Listrik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x