Kompas TV video vod

Simpan Kitab-kitab Kuno, Masjid Jami'al Anwar Tempat Ibadah Bersejarah di Lampung

Kompas.tv - 6 April 2022, 07:40 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Masjid Jami'al Anwar sebagai masjid tertua dan bersejarah di Bandar Lampung menjadi salah satu masjid tak hanya dikunjungi warga untuk beribadah.

Di masjid ini, jemaah juga bisa melihat perpustakaan yang menyimpan kitab-kitab kuno dengan berbagai bahasa, kita lihat liputannya berikut ini.

Berdiri diatas lahan 6.500 meter persegi sejak tahun 1839 Masjid Jami'al Anwar yang berada di Jalan Laksamana Malahayati, Kelurahan Kangkung, Kecamatan Teluk Betung Selatan masih terawat dan aktif sebagai salah satu rumah ibadah umat muslim di Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: Cerita Maudy Ayunda Sudah Puasa Sejak Usia SD dan Kurangi Makan Pedas

Usianya yang sudah ratusan tahun, Masjid Jami'al Anwar yang sebagai masjid tertua dan bersejarah ini sudah melewati berbagai renovasi salah satunya pasca rusak akibat dahsyatnya letusan Gunung Krakatau pada 1883 silam.

Meski begitu masih ada beberapa bangunan yang tetap dipertahankan seperti enam tiang penyangga yang kokoh menopang atap masjid yang memiliki makna sebagai rukun iman serta masih nampak meriam di halaman masjid.

Selain itu salah satu ruangan Masjid Jami'al Anwar ini terdapat perpustakaan yang menyimpan ratusan kitab-kitab kuno dengan berbagai bahasa.

Kitab-kitab yang berusia ratusan tahun ini tersimpan dan tersusun rapi yang biasa menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata religi oleh jemaah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x