Kompas TV video vod

Masjid Agung An-Nur, Kembaran Taj Mahal Asal Pekanbaru yang Jadi Ikon Wisata

Kompas.tv - 5 April 2022, 16:15 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

PEKANBARU, KOMPAS.TV - Dijuluki sebagai Taj Mahal Indonesia Masjid Agung An-Nur Pekanbaru memiliki filosofi istimewa pada segi arsitektur.

Berdiri tahun 1968, Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru Riau, dibuat dengan arsitektur bangunan menyerupai bangunan Taj Mahal/ di India.

Masjid ini memiliki 5 kubah yang terdiri dari satu kubah besar dan empat kubah kecil, yang memiliki filosofi lima rukun Islam.

Masjid Agung An-Nur juga dilengkapi empat menara pada bagian depan dan belakang. Empat menara ini menggambarkan empat sahabat Nabi Muhamad SAW.

Selain pada kubah dan menara yang membuat masjid ini makin disebut mirip Taj Mahal karena adanya kolam panjang di depan masjid.

Arsitektur masjid ini dibuat dari perpaduan 4 budaya, yakni Melayu, Arab, India, dan Turki.

Terdapat ukiran bernuansa Melayu pada interior Masjid Agung An-Nur.

Sementara di bagian eksterior, taman yang luas dilengkapi bunga dan Pohon Kurma menambah kesan asri dan sejuk pada masjid ini.

Tidak heran jika banyak umat islam selalu tertarik untuk mengunjungi masjid ini.
Saat Bulan Ramadan, Masjid Agung An-Nur makin banyak dikunjungi umat muslim. Tak hanya dari daerah setempat, tetapi juga dari luar daerah.

Tradisi kajian majelis dan tausiah saat Ramadan yang digelar di masjid ini menjadi daya tarik umat muslim untuk mengunjungi salah satu ikon wisata di Pekanbaru. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x