Kompas TV video sinau

Kecil tapi Jago, Ini Alasan Semut Bisa Angkat Beban Lebih Berat dari Tubuhnya

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 20:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Semut merupakan serangga yang dikenal hidup berkoloni dan dapat ditemukan di seluruh benua. Meski ukuran tubuhnya relatif kecil, faktanya semut termasuk hewan terkuat di dunia.

Seekor semut pekerja dapat mengangkat benda yang beratnya 5-10 kali berat tubuhnya, juga menarik benda yang beratnya 20-50 kali lebih berat dari semut itu sendiri.

Tahukah kamu, mengapa semut bisa mengangkat beban berat?

Sebenarnya, otot semut tidak lebih kuat dari otot manusia. Namun karena ukuran semut yang kecil, semut memiliki lebih banyak otot secara proporsional.

Baca Juga: Ampuh! Hanya dengan Bahan Alami Ini, Semut dalam Stoples Gula Tak Lagi Datang

Semut memiliki otot-otot yang sangat tebal jika dibandingkan dengan luas tubuhnya, sehingga mereka mampu mengangkat beban yang berkali-kali lebih besar dari berat badannya sendiri.

Jika dibandingkan, gajah hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Hal ini karena gajah memiliki ukuran besar, namun proporsi massa ototnya cukup rendah.

Kekuatan semut hanya tersaingi oleh kumbang badak. Hewan ini diketahui mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Sebagai organisme berukuran kecil, mudah bagi semut untuk menghasilkan gaya yang sangat besar untuk membawa makanan-makanan yang berat.

Selain itu, semut juga bekerjasama dengan koloninya untuk memindahkan objek yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Oh, Ternyata Ini Alasan Semut Selalu Berhenti Setiap Bertemu Semut Lainnya

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x