Kompas TV video sinau

Terlihat Selalu Melompat, Apakah Kanguru Bisa Jalan Kaki?

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 19:15 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Kanguru adalah hewan mamalia endemik dari benua Australia, dengan ciri khas yaitu memiliki kantung dan bergerak dengan melompat-lompat.

Kanguru memiliki kaki yang kuat. Mereka menggunakan kaki belakang untuk melompat, sedangkan kaki depan biasanya digunakan untuk mengambil makan.

Tampak selalu bergerak dengan melompat, lalu apakah kanguru bisa jalan kaki?

Untuk diketahui, lompatan kanguru bisa mencapai kecepatan 20 sampai 25 kilometer per jam, tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 kilometer per jam.

Baca Juga: Apakah Kucing Akan Melupakan Pemiliknya jika Ditinggal Lama?

Dilansir dari National Geographic, selain melompat ternyata kanguru bisa berjalan kaki dengan kecepatan 6 kilometer per jam atau kurang saat sedang merumput atau bersosialisasi.

Namun, kanguru tidak berjalan kaki seperti manusia. Hal ini karena kanguru memiliki kaki belakang yang panjang dan besar, sehingga membuat mereka tidak terlalu baik dalam berjalan ataupun berlari.

Saat berjalan, kanguru terlihat seperti sedang merangkak secara perlahan dengan menggerakkan dua kakinya bersamaan.

Kanguru berjalan dengan mengayunkan kaki belakangnya ke depan, lalu mengayunkan kaki depannya ke belakang. Sedangkan ekornya akan menjadi penopang tubuh dan penjaga keseimbangan.

Meski begitu, kanguru tidak bisa berjalan mundur karena struktur kaki dan ekornya yang tidak memungkinkan untuk berjalan atau melompat mundur. Sebagai gantinya, kanguru dapat berputar arah ke belakang untuk mundur.

Baca Juga: Ini Fakta Paus Kepala Melon yang Viral Mirip Lumba-Lumba

(*)

Grafis: Joshua Victor 




Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x