Kompas TV nasional gaya hidup

Apakah Kucing Akan Melupakan Pemiliknya jika Ditinggal Lama?

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 11:34 WIB
apakah-kucing-akan-melupakan-pemiliknya-jika-ditinggal-lama
Ilustrasi kucing. Apakah kucing akan merindukan pemiliknya atau melupakannya saat ditinggal pergi? (Sumber: Unslapash/Mukhail Velisyvev)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian dari kita mungkin memiliki kucing peliharaan di rumah. Namun, ada kalanya kita harus pergi meninggalkan kucing untuk beberapa waktu.

Apakah kucing akan melupakan pemiliknya apabila ditinggal lama? Berapa lama kucing bisa mengingat seseorang?

Melansir Cat Beep, Senin (4/10/2021), penelitian dari Universitas Michigan menunjukkan bahwa kucing memiliki dua jenis memori, memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Baca Juga: Mengapa Kucing Sering Goyangkan Pantat Sebelum Menerkam? Ini Jawabannya

Rata-rata kucing memiliki memori jangka pendek 16 jam. Apabila Anda bertemu dengan kucing dan hanya melakukan sedikit interaksi, mereka akan mengingatnya selama 16 jam.

Tidak ada waktu yang menunjukan seberapa lama memori jangka panjang mereka akan bertahan, artinya mereka bisa mengingat seseorang yang familiar dalam beberapa tahun.

Para peneliti di National Geographic menemukan bahwa beberapa hewan tidak memiliki memori jangka pendek sama sekali. Mereka hanya mengingat bagaimana cara untuk bertahan hidup, cara berburu, dan mencari rumah.

Berbeda dengan kucing, mereka tidak hanya mampu mengingat seseorang, membedakan wajah pemiliknya, atau membedakan pengalaman baik dan buruk. Percaya atau tidak, perilaku kucing tidak acak dan tidak mudah ditebak.

Penelitian di Universitas Lincoln menemukan bahwa kucing sebenarnya tidak terikat dengan pemiliknya seperti yang terjadi pada anjing, jadi mereka mungkin tidak akan merasakan rindu jika pemiliknya sedang pergi.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberi Makan Anak Kucing

Namun, penelitian di IFL Sciens menemukan hal yang sebaliknya. Mereka akan merindukan pemiliknya meskipun perilaku mereka berbeda dengan anjing.

Alih-alih menunjukkan afeksi kepada pemiliknya seperti yang dilakukan anjing, perilaku kucing cenderung pasif-agresif. Mereka akan berlari dan menolak untuk dibelai untuk beberapa waktu karena merasa kesal ditinggalkan.

Saat mengetahui pemiliknya pergi meninggalkan mereka, kucing akan merasa kesal, sedih, bahkan sakit hati.

Jadi, apabila Anda meninggalkan kucing dan kembali, kemudian menemukannya lari dan enggan dibelai, jangan dulu berasumsi jika mereka tidak merindukan pemiliknya.



Sumber : Cat Beep


BERITA LAINNYA



Close Ads x