Kompas TV video sinau

Hati-hati, Ini Efek Terlalu Sering Pakai Earphone bagi Pendengaran

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 20:15 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Perangkat earphone saat ini semakin banyak digunakan dalam segala aktivitas. Mulai dari mendengarkan musik, menonton video, belajar, hingga saat bekerja pun tak lepas dari penggunaan earphone.

Namun, tahukah kamu kebiasaan memakai earphone ini dapat membawa dampak negatif untuk indera pendengaran.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of the American Medical Association menunjukkan, terlalu sering atau terlalu lama dapat menimbulkan gangguan hingga kehilangan pendengaran.

Studi lain dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hampir 50 persen penduduk berusia antara 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran akibat penggunaan perangkat earphone dengan volume suara terlalu kencang.

Normalnya, suara orang mengobrol berada di angka 60 desibel sehingga bisa didengarkan tanpa batas maksimal dan tidak akan merusak pendengaran.

Baca Juga: Pakai Headset untuk Dengarkan Musik Saat Naik Motor Bisa Didenda Rp 750.000

Sementara, volume suara musik rata-rata dari penggunaan earphone sebesar 95 hingga 105 desibel. Semakin keras sebuah bunyi, semakin sebentar juga durasi yang dibutuhkan untuk mengganggu pendengaran.

Jika terus-terusan terpapar volume kencang, sel-sel sensorik di dalam telinga akan kelelahan, dan menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala, telinga berdenging, hingga pendengaran jadi berkurang atau tidak jernih.

Jika Anda pengguna earphone dalam beraktivitas sehari-hari, ada beberapa tips pakai earphone yang aman bagi telinga yang dapat diikuti.

Gunakan kurang dari 60 persen volume maksimal, dan pastikan untuk membatasi penggunaan earphone tidak lebih dari 60 menit. Beri jeda istirahat setelah pakai earphone selama 60 menit, dan jangan gunakan earphone saat berkendara atau berada di jalan raya.

Selain itu, bersihkan earphone secara rutin dan periksakan pendengaran Anda secara teratur untuk mencegah efek penggunaan earphone.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x