Kompas TV video sinau

Ini Dia Efek Konsumsi Suplemen Berlebih Bagi Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 18 November 2021, 09:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Suplemen merupakan sebuah produk zat tambahan yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Namun dalam pemenuhan nutrisi tubuh, suplemen bukanlah pengganti makanan atau bahan makanan.

Konsumsi suplemen berlebihan, terlalu banyak atau tidak sesuai dosis dapat berdampak buruk, serta menyebabkan munculnya ketidaknyamanan yang serius pada tubuh.

Lalu, apa saja dampak yang dapat terjadi bagi tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi suplemen?

1. Sakit perut

Sakit perut dengan gejala lainnya seperti mual, muntah, atau diare sering kali merupakan tanda pertama bahwa tubuh telah mengonsumsi terlalu banyak vitamin atau suplemen.

Hal ini juga dapat muncul karena tubuh lebih sensitif terhadap kandungan bahan di dalam suplemen saat dikonsumsi ketika perut kosong, atau dalam dosis yang lebih banyak.

Baca Juga: Wah! Ternyata Cangkang Telur Bisa Dimakan, Jadi Suplemen Kalsium Alami

2. Detak jantung cepat

Menurut New England Journal, kandungan stimulan yang terdapat dalam suplemen dapat memiliki efek samping seperti detak jantung yang cepat atau tidak teratur, pusing, atau peningkatan tekanan darah.

3. Meningkatkan risiko kanker

United States Preventive Services Task Force (USPSTF) mengungkapkan, suplemen beta-karoten atau vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Hal ini menunjukkan, meski dijual dengan bebas bukan berarti suplemen tidak dapat memiliki efek samping yang serius.

4. Kehilangan enamel gigi

Suplemen seperti cuka sari apel mengandung asam yang dapat melemahkan enamel gigi. Selain itu, mencampur cuka sari apel ke dalam air juga dapat mengencerkan asam.

Para ahli pun memperingatkan agar tidak mengonsumsinya terlalu sering, dan sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi setelah mengonsumsi suplemen jenis ini.

Baca Juga: Ini Penyebab Suplemen Protein Tak Diperlukan Anak

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x