Kompas TV video sinau

Ini Dia, Penyebab Batuk di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 25 September 2021, 08:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Batuk di pagi hari cenderung lebih intens dan sukar berhenti. Gangguan batuk di pagi hari yang terkadang menyebabkan seseorang terbangun dari tidur ini bisa terjadi di segala rentang usia, baik wanita maupun pria.

Lalu, apa penyebab batuk di pagi hari dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini seperti dikutip dari Medicalnewstoday

1. Post nasal drip (PND)

Post nasal drip atau disingkat PND adalah mengalirnya ingus atau cairan dari hidung ke tenggorokan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti flu, alergi, radang tenggorokan, batuk kronis, hingga gangguan kesehatan di paru.

Untuk mengatasi batuk di pagi hari yang disebabkan oleh post nasal drip, dapat melakukan sejumlah cara, di antaranya minum banyak air, tidur di kamar dengan humidifier atau pelembap udara, serta tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh.

2. Asma

Asma bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan kronis di saluran napas, sehingga akan mengalami kesulitan bernapas dan memicu batuk di pagi hari.

Untuk mengatasinya, hindari faktor pemicu kambuhnya batuk asma seperti debu dan kondisi suhu kamar. Gunakan inhaler jika memang batuk tak bisa reda dengan sendirinya.

Baca Juga: Penelitian: Masker Ganda Tangkal Lebih dari 90 Persen Partikel Batuk

3. Asam lambung

Jika tertidur dengan kondisi asam lambung tengah kambuh, besar kemungkinan di pagi hari akan terserang batuk kronis dan kesulitan dalam menelan.

Agar tidak mengalami batuk di pagi hari akibat asam lambung, hindari konsumsi makanan minuman yang mengandung asam sebelum tidur. Selain itu, usahakan tidur dengan posisi kepala berada di atas bantal tinggi.

4. Mulut kering

Kurang minum, tidur di kamar yang terlalu kering, atau tidur dengan mulut terbuka dapat menyebabkan tenggorokan kering dan gatal sehingga bisa memicu batuk.

Untuk mengatasinya, pastikan minum air sebelum tidur dan setelah bangun pagi.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan yang Dapat Redakan Flu dan Batuk

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x