Kompas TV video sinau

Kenali dan Waspada Pengaruh si Toxic People di Kehidupan Kita

Kompas.tv - 8 September 2021, 16:31 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Dilansir dari berbagai sumber. Orang yang membawa pengaruh buruk itu, disebut toxic people. Mereka membuat kita merasa kurang berharga. Membuat situasi seolah kita selalu salah dan menurunkan kepercayaan diri kita.

Sayangnya banyak yang tidak sadar dengan kehadiran toxic people dalam hubungan asmara, pekerjaan, hubungan pertemanan. Padahal adanya toxic people di lingkup pergaulan, suasana menjadi kurang enak dan menguras tenaga juga emosi kita.

Kebanyakan ketika sadar, semuanya sudah terlambat dan meninggalkan luka yang dalam. Maka kita harus kenali ciri-ciri dari toxic people sebagai berikut:

1.Manipulatif,toxic people memposisikan kita seolah banyak berhutang dengan mereka. Dalam beberapa kasus, kita dibuat harus mengikuti semua kehendak mereka.

2.Tak pernah minta maaf,toxic people tak pernah mau minta maaf, meski dalam posisi bersalah. Selalu membuat alasan atau kebohongan agar mereka tak perlu minta maaf.

3.Selalu membuat drama,mereka tidak bisa tanpa membuat kekacauan dalam sebuah pertemuan, pembicaraan, bahkan kemana pergi pasti diikuti  beragam masalah.

4.Tidak Konsisten, dalam WebMD, dikatakan bahwa salah satu ciri toxic people adalah inkonsitensi. Tak bisa menepati janji dan sulit ditebak, apa yang sebenarnya akan dilakukan untuk kedepannya.

5.Membuat kita merasa bersalah, Mereka selalu berusaha menjebak kita dalam situasi, untuk memilih antara mereka atau orang lain.

6.Enggan diajak bicara baik-baik,mereka menutup semua akses komunikasi, dan tidak mau diajak duduk bersama untuk menyelesaikan masalah.

Kita harus tegas dalam menghadapi orang seperti ini, karena mereka adalah orang yang belum selesai dengan masalahnya, jika memang sudah terlalu berlebihan, maka tidak ada pilihan lain selain tinggalkan. 

Baca Juga: Terjerat dalam Toxic Relationship? Psikolog Universitas Brawijaya Beri Solusi

https://www.kompas.tv/article/193213/terjerat-dalam-toxic-relationship-psikolog-universitas-brawijaya-beri-solusi 

Grafis: Arief Rahman

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA


Close Ads x