Kompas TV video sinau

Tips Mencuci Sepatu

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 21:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kerusakan sepatu dapat terjadi karena perawatan yang tidak tepat. Menjaga kebersihan sepatu tetap dapat dilakukan dengan cara yang lembut dan hati-hati agar sepatu tetap awet. Bisa juga untuk mencuci sepatu berbahan kain, menggunakan sabun pencuci piring, sikat gigi bekas, dan air hangat. Bersihkan debu pada sepatu dengan handuk kering, kemudian campurkan dua sendok teh sabun cuci piring dengan dua gelas air hangat dalam sebuah mangkuk. Celupkan sikat gigi bekas ke cairan itu dan gosok sepatu searah dengan perlahan. Untuk mengeringkannya lap dengan handuk kering lainnya dan tepuk perlahan sepatu, kemudian diamkan sepatu di tempat terbuka tanpa terkena matahari langsung. 

Jangan biarkan sepatu kesayangan dalam kondisi kotor terlalu lama. Semprotkan pembersih atau pelindung khusus ke sepatu, agar kotoran tidak menempel pada permukaan sepatu. Selalu jaga kondisi sepatu dalam keadaan kering agar tidak lembap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Jika ingin lebih awet, jangan terlalu lama menyimpan sepatu. Sepatu yang disimpan terlalu lama akan membuat sol nya mengeras atau bahkan hancur. Untuk menyimpan sepatu juga perlu memperhatikan hal berikut: simpan sepatu dalam keadaan bersih, jangan ditumpuk tanpa menggunakan kotak sepatu, isi sepatu dengan kertas pengganjal, dan jaga kelembapan ruangan penyimpanan. (*) 

Baca Juga: Gibran Angkat Pria Viral Barter Sepatu Jadi Linmas

www.kompas.tv/article/198889/gibran-angkat-pria-viral-barter-sepatu-jadi-linmas

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA


Close Ads x