Kompas TV video sinau

Mengenal Kelebihan dan Efek Samping Vaksin Moderna

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 01:09 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, tenaga kesehatan akan mendapatkan dosis vaksin ketiga dari vaksin moderna.

Vaksin moderna tersebut merupakan bantuan dari pemerintah Amerika Serikat yang telah tiba di Indonesia pada Minggu (11/7/2021).

Menkes menyebut, vaksin ini akan diberikan kepada tenaga medis yang tengah berjuang melawan pandemi covid-19 di garda terdepan, sebagai dosis ketiga.

“Karena mereka (tenaga medis) mengalami tekanan yang luar biasa, terutama di gelombang kedua penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal”, tutur Budi saat memberikan keterangan pers. 

Baca Juga: Senator Amerika Serikat Umumkan Kirim Tambahan 1,5 Juta Vaksin Covid-19 Moderna ke Indonesia

Menkes menambahkan, vaksin moderna ini dinilai memiliki efikasi tinggi, sehingga ampuh menekan laju persebaran covid-19 di Amerika Serikat.

“Vaksin moderna sama juga seperti vaksin mRNA lainnya, merupakan vaksin dengan efikasi yang tinggi, yang sudah terbukti cukup ampuh digunakan di Amerika Serikat, untuk bisa menekan laju penularan covid”, pungkasnya.

Di Indonesia, vaksin Moderna telah mendapatkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021.

Efikasi Vaksin Moderna

Berdasarkan hasil uji klinis fase ketiga pada 21 November 2020 lalu, vaksin Moderna memiliki efikasi 94,1 persen pada masyarakat berusia 18 – 65 tahun.

Sementara itu, untuk kelompok masyarakat yang berusia di atas 65 tahun, efikasi vaksin Moderna ini turun menjadi 86,4 persen.

Uji klinis ketiga Moderna juga mengatakan, vaksin ini juga aman untuk diberikan kepada mereka yang memiliki komorbid, seperti penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever, hati, dan HIV.

Selain itu, dilansir dari BBC Indonesia (26/1/2021), menurut ilmuwan Amerika Serikat, vaksin Moderna juga dinilai ampuh melawan varian-varian baru Covid-19 yang saat ini telah beredar.

Meski demikian, vaksin moderna ini juga dapat menimbulkan sejumlah efek samping ringan, di antaranya, nyeri, kelehan, nyeri di bagian tubuh yang disuntik, nyeri pada bagian otot, dan pusing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x