Kompas TV internasional kompas dunia

Senator Amerika Serikat Umumkan Kirim Tambahan 1,5 Juta Vaksin Covid-19 Moderna ke Indonesia

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 15:12 WIB
senator-amerika-serikat-umumkan-kirim-tambahan-1-5-juta-vaksin-covid-19-moderna-ke-indonesia
Petugas kargo melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 buatan Moderna dari pesawat di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021). (Sumber: ANTARA/Fauzan)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Senator Amerika Serikat Tammy Duckworth, yang mewakili Partai Demokrat dari negara bagian Ilinois, mengumumkan Amerika Serikat kembali melakukan pengiriman lanjutan 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna ke Indonesia pada 12 Juli 2021.

Pengiriman ini merupakan tambahan dari tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna yang telah tiba lebih dulu di Indonesia pada Minggu (11/07/2021), sehingga menggenapkan total donasi vaksin dari Amerika untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

Seperti dilansir Antara, Tammy Duckworth mengatakan, “Hari ini, saya senang sekali mengumumkan Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang tengah menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian akibat Covid-19,” kata Duckworth seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa.

Tammy menegaskan donasi vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat diberikan tanpa pamrih berdasarkan pemahaman  tidak ada satu bangsa pun yang benar-benar aman dari Covid-19 sampai semua bangsa aman, sehingga dunia harus bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa dan membantu mengakhiri pandemi yang dahsyat ini di mana pun. 

“Saya akan terus bekerja secara erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung masyarakat Indonesia dan memastikan mereka menerima dosis vaksin yang aman dan efektif, serta bantuan internasional yang mereka butuhkan untuk keluar dari pandemi yang mematikan ini,” tutur Duckworth.

Duckworth pernah tinggal di Indonesia waktu masih kecil, sebelum dia mengabdi pada Komponen Cadangan Militer AS selama 23 tahun.

Baca Juga: Plus Minus Vaksin Moderna: Efikasi hingga 94,1 Persen dan Mampu Lawan Varian Baru Covid-19

Vaksin Covid-19 besutan Moderna. (Sumber: Mohssen Assanimoghaddam / dpa via AP)

Kini dia menjadi anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat AS (SASC), dan baru-baru ini memimpin kunjungan delegasi Kongres Amerika Serikat ke Taiwan, saat dia membantu mengumumkan donasi vaksin dari Amerika Serikat.

Pada Jumat (09/07/2021) di Washington DC, Senator Duckworth berbicara dengan Kuasa Usaha Ad-Interim RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, pejabat tertinggi di Kedutaan Besar Indonesia di AS, menegaskan komitmen pemerintah dan bangsa Amerika kepada masyarakat Indonesia dalam menghadapi lonjakan jumlah kasus dan kematian COVID-19 saat ini.

Dalam perbincangan tersebut, keduanya juga membahas upaya berkelanjutan pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia, termasuk bantuan langsung senilai lebih dari 14,5 juta dolar AS atau sekitar 209,7 miliar rupiah, dimana 3,5 juta dolar di antaranya untuk program vaksinasi masyarakat Indonesia secara cepat dan aman.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan dukungan dengan menyediakan edukasi kesehatan bagi publik, melatih ribuan tenaga kesehatan, dan mendanai situs informasi Covid-19 yang menjangkau lebih dari 36 juta orang secara nasional.

Pemerintah AS juga telah mendonasikan 1.000 ventilator, alat tes Covid-19, dan hampir 2.000 fasilitas pencuci tangan.



Sumber : KOMPASTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.