Kompas TV video cerita indonesia

World Vaccine Update Eps 24 : Cerita Rumah Sakit Yang Kewalahan Akibat Banyaknya Pasien Covid-19

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 23:55 WIB
Penulis : Abdur Rahim

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pandemi Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan, meski pemerintah tengah menggalakkan progoram vaksinasi nasional.

Dalam episode World Vaccine Update episode 24 kali ini, salah seorang tenaga medis dari Rumah Sakit Immanuel Bandung, Grace Purnomo membenarkan kondisi oksigen yang menipis di tempat ia bekerja. 

“Kita mengalami krisis oksigen, sampai 0 si nggak”, ungkap Grace dalam video tersebut.

Ia mengatakan, konsumsi oksigen menjadi boros lantaran banyaknya masyarakat yang seharusnya dirawat di ICU, namun tidak dapat masuk lantaran sudah penuh. 

Baca Juga: World Vaccine Update Eps 23 - Bincang Soal Covid Yang Mengganas Bersama Sejumlah Tenaga Medis

“Pasien covid itu tidak semuanya bisa dapat ventilator, sehingga semua yang dirawat banyak indikasi ICU, hampir semua yang dirawat lah. ICU nya hanya ada sekitar 12 – 15%. Jadi boros oksigennya”, tambah Grace.

Tak hanya itu, Grace juga bercerita tentang banyaknya rumah sakit yang terpaksa menolak pasien covid-19 lantaran kondisi rumah sakit yang sudah over kapasitas.

Padahal menurutnya, sebuah rumah sakit tidak boleh menolak pasien. 

“Banyak rumah sakit di Bandung yang memberikan pengumuman, bahwa kami tidak bisa terima pasien baru, dan IGD tutup. Padahal harusnya rumah sakit itu nggak boleh IGD nya tutup, berlawanan dengan hukum. Tapi gimana ya? Emang menyedihkan ini”, tuturnya.

Simak selengkapnya bincang world vaccine update bersama WNI di seluruh dunia pada setiap hari Senin pukul 21.00 WIB.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x