Kompas TV video tahu gak sih lo?

Kisah di Balik Foto Ikonik Einstein Julurkan Lidah

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 09:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Siapa yang tak kenal Albert Einstein? Ia adalah salah satu ilmuwan fisika yang sangat berpengaruh di abad ke-20.

Einstein yang lahir pada 14 maret 1879 di Ulm, Wurttemberg Jerman ini mengembangkan teori relativitas yang mengubah paradigma ilmu pengetahuan.

Foto yang paling ikonik dari Albert Einstein yang menjulurkan lidah ternyata punya kisah unik di baliknya.

Dilansir dari DW, foto ini ternyata diambil saat Einstein merayakan ulang tahunnya ke-72 yaitu pada 14 maret 1951.

Pada saat itu, teman-teman Einstein merayakan ulang tahunnya di pusat penelitian tempat Einstein bekerja. Mengetahui hal itu, paparazzi kemudian datang ke acara tersebut.

Einstein tidak terlalu suka dengan pemberitaan media. Ia pun jengkel dengan kehadiran paparazzi. Namun, ketika duduk di dalam limosin bersama rekan dan istrinya, Einstein tak bisa mengelak lagi.

Seseorang berkata “hei profesor, senyum dulu untuk foto ulang tahun”, karena jengkel, Einstein menjulurkan lidahnya seperti di foto tersebut. Foto ini pun berhasil diabadikan oleh fotografer Arthur Sasse.

Namun, kepopuleran foto ini ternyata bukan karena sang fotografer melainkan ulah Einstein sendiri. Ia memesan foto tersebut dan menggunting hanya bagian dirinya. Einsten mengaku pose lidah yang terjulur itu mencerminkan pandangan politiknya.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x