Kompas TV video cerita indonesia

Pernak-Pernik Natal dari Bahan Parafin

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 08:29 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

SURABAYA, KOMPAS.TV - Mendekati momen perayaan Natal 25 Desember 2020 mendatang, berbagai hiasan dan ornamen Natal mulai semarak di kota Surabaya.

Salah satunya di galeri Art and Craft seorang perajin di kawasan Jalan Taman Puspa Raya, Sambikerep, Surabaya.

Di galeri ini berbagai ornamen dan penghias perayaan natal, seperti ornamen peri dan malaikat bersayap, sinterklas, rusa serta tak lupa pohon natal mini, dan ornamen lain dibuat dengan tehnik candle.

Pewarnaan ornamen ini dilakukan sesuai tema kekinian. Uniknya, ornamen ini terbuat dari parafin dan beberapa memiliki sumbu lilin yang bisa dinyalakan dengan api.

Proses pembuatannya cukup sederhana dan dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Parafin atau bahan untuk membuat lilin dipanaskan dengan suhu di bawah 70 derejat celsius lalu dicampur dengan sedikit pewarna dan parfum untuk menghilangkan bau parafin.

Parafin yang telah mencair kemudian dituang ke dalam cetakan ornamen berbahan silikon untuk selanjutnya dikeringkan. Setelah semua proses selesai, ornamen disusun dalam tatakan untuk penghias parcel.

Mendekati perayaan natal tahun ini salah satu pengrajin di sini telah membuat lebih dari 80 ornamen yang hanya di pesan keluarga dan orang terdekat sebagai ajang berbagi dalam perayaan natal di tengah pandemi Covid-19. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x