Kompas TV video tahu gak sih lo?

Simak! Tips Mengelola Akun Media Sosial Biar Jualan Makin Cuan

Kompas.tv - 13 Desember 2020, 10:00 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini menjalankan bisnis secara online banyak dilakukan oleh pemilik usaha, baik usaha skala besar maupun UMKM. Dengan memanfaatkan jaringan internet, bisnis online bisa berkembang dengan cepat.

Namun, media sosial yang digunakan untuk akun bisnis, harus dikelola secara efektif. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh UMKM pemula dalam mengelola akun media sosial bisnis mereka.

1. Tentukan platform yang digunakan

Pilih platform yang sesuai dengan produk jualan, bisa Instagram, Facebook, Twitter atau Whatsapp. Dalam menentukan platform, harus dipertimbangkan mengenai target audiens utama, profil audiens, obyektif bisnis, riset kompetitor, dan sesuaikan dengan kemampuan tim media sosial.

Baca Juga: Simak! Pengalaman Milenial dalam Perwujudan Antikorupsi pada Pancasila

2. Produk memenuhi kebutuhan konsumen

Temukan alasan mengapa konsumen harus membeli produk kita. Lalu buatlah informasi detail mengenai profil audiens yang ingin kita sasar, dari aspek demografi dan psikografi.

3. Kenali produk sendiri

Rumuskan jenis produk, harga, placement dan promosinya. 

4. Buat aturan untuk tim media sosial

Dalam mengelola akun bisnis, tentukan siapa yang bertugas kemudian rumuskan aturan dalam mengelola media sosial 

5. Benchmark konten

Tentukan benchmark dengan buat daftar akun medsos lain yang bisa dijadikan panduan. Jadi, tim medsos kita akan tahu harus mengelola akun jualan di platform lain dengan moodboard yang sama. Jangan lupa cantumkan nama profil, kontak, info layanan, dan highlight di akun media sosial. 

Baca Juga: Thermo Gun Bisa Merusak Otak? Begini Faktanya!

6. FAQ

Jangan lupa buat template frequently asked questions (FAQ) di medsos agar calon pembeli bisa langsung mendapat jawaban jika ada pertanyaan yang sudah sering ditanyakan.

7. Buat database
Selalu simpan data base akun medsos bisnis kamu dan selalu cek insight berkala lalu evaluasi performa akun medsos bisnis kamu.

Sumber tips: Kelas Kompas Institute untuk UMKM Pemula https://institute.kompas.id



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x