Kompas TV tekno gadget

Telah Resmi Dirilis, Ini Smartphone dan Tablet yang Dapat Update Android 12L

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 18:20 WIB
telah-resmi-dirilis-ini-smartphone-dan-tablet-yang-dapat-update-android-12l
Ilustrasi tampilan dari gawai yang menggunakan sistem operasi atau operating system (OS) terbaru dari Google, Android 12L versi stabil. (Sumber: Google via KOMPAS.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sistem operasi atau operating system (OS) terbaru dari Google, Android 12L versi stabil, telah resmi dirilis untuk sejumlah gawai mulai Senin (7/3/2022).

Melansir XDA Developers, pada peluncuran pertamanya kemarin, Android 12L versi stabil masih terbatas untuk lini ponsel pintar Google Pixel saja.

Meliputi Google Pixel 3a dan 3a XL, Google Pixel 4,4 XL,4a, dan 4a 5G, Google Pixel 5 dan 5a, serta Google Pixel 6 dan 6 Pro.

Namun, pengguna gawai merek lain seperti Samsung, Lenovo, dan Microsoft tak perlu khawatir, karena mereka tetap akan mendapat giliran untuk menikmati Android 12L versi stabil.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi, Ini Cara Cepat Download Instagram Stories di Android dan iPhone

Perlu diketahui, Android 12L sendiri merupakan OS turunan dari Android 12, yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar.

Misalnya tablet, laptop ChromeOS, smartphone layar penuh yang bisa dilipat, atau perangkat lain dengan ukuran layar di atas 600 dp.

Sebelum versi stabil, Android 12L lebih dulu dirilis dalam versi developer preview pada Oktober 2021. Lalu, versi beta pertama hingga ketiganya muncul pada rentang Desember 2021 dan Februari 2022.

Sebagai catatan, update Android 12L versi stabil untuk Google Pixel 6 dan 6 Pro baru akan tersedia pada akhir Maret ini.

Sedangkan untuk ponsel dan tablet Android berlayar besar dari merek lain, update Android 12L versi stabil masih harus ditunggu lebih lama lagi.

Baca Juga: Katanya Penunjuk Arah, tapi Suka Bikin Nyasar, Begini Cara Kerja Google Maps

"Baru mulai akhir tahun ini, kami akan menghadirkan Android 12L ke tablet dan perangkat lipat favorit Anda dengan pembaruan terencana dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft," tulis Google melalui blog resminya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (8/3/2022).



Sumber : Kompas.com/XDA Developers


BERITA LAINNYA



Close Ads x