Kompas TV tekno aplikasi

Apple Rilis Emoji Pria Hamil, Apa Alasannya?

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 05:35 WIB
apple-rilis-emoji-pria-hamil-apa-alasannya
Ilustrasi. Logo perusahaan Apple Inc. Apple memasukkan 37 emoji baru dalam pembaruan beta iOS pada Januari 2022, salah satunya emoji pria hamil. (Sumber: Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Apple merilis emoji-emoji baru dalam pembaruan iOS 15.4 beta. Pembaruan ini dirilis sejak 27 Januari 2022 lalu kepada pengembang.

Terdapat 37 emoji yang ditambahkan ke pembaruan beta Apple. Salah satunya cukup menarik perhatian, yakni seorang pria sedang hamil.

Dalam pembaruan iOS beta kali ini, Apple menyertakan tiga emoji yang menandakan keragaman gender. Selain pria hamil, terdapat emoji orang (tanpa identifikasi gender) hamil dan seseorang dengan mahkota.

Menurut Emojipedia, tiga emoji tersebut adalah bagian dari upaya banyak vendor mengenalkan emoji dengan berbagai varian gender.

Baca Juga: Emoji Bisa Menunjukkan Ketertarikan Seseorang pada Teman Ngobrol

“Sejak 2019, vendor-vendor telah berupaya sungguh-sungguh untuk menawarkan ke setiap orang emoji dengan tiga varian gender berbeda: satu laki-laki, satu perempuan, dan satu dengan gender non-spesifik,” tulis Keith Broni dari Emojipedia.

“Pembaruan beta Apple terkini melanjutkan tren itu dengan menambahkan dua emoji gender netral dalam bentuk seseorang dengan mahkota, orang hamil, dan juga menambahkan satu emoji baru pria hamil,” imbuhnya.

Emojipedia merupakan bagian dari Unicode Consortium, suatu bank sentral bagi emoji-emoji yang beredar di dunia.

Rilis final pembaruan iOS itu diperkirakan akan dilangsungkan sekitar Maret atau April 2022. 

Mengingat versi emoji sekarang masih dalam pembaruan beta, bisa jadi ada perubahan desain menjelang rilis pembaruan final. Namun, perubahan desain seperti itu teramat jarang beberapa tahun belakangan.

Selain tiga emoji bertema gender, pembaruan beta IOS juga memuat emoji-emoji baru seperti wajah meleleh dan jabat tangan multi-ras.

Baca Juga: Ulama Bangladesh Terbitkan Fatwa Haramkan Emoji Haha Facebook Karena Umat Muslim Dilarang Mengejek


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x