Kompas TV tekno internet

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen Selamanya

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 20:39 WIB
cara-menghapus-akun-google-secara-permanen-selamanya
Ilustrasi penggunaan situs pencarian, Google. (Sumber: iStock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap pengguna sistem operasi Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan akun Google (Google Account). Untuk menikmati layanan penuh, seperti mengunduh aplikasi atau games akun Google memang diperlukan.

Namun, terkadang seseorang ingin membuat akun Google baru dan menghapus akun lama miliknya secara permanen dan selamanya. Ini cara menghapus akun Google secara permanen.

Perlu diketahui ketika Anda menghapus akun Google, berarti Anda sudah tidak bisa menikmati layanan dari raksasa internet teknologi itu.

Google diketahui memiliki banyak layanan yang kerap digunakan seperti Gmail (e-mail), Google Drive, Google Sheets, Google Keep, Google Photos, Google Docs, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Buruan Hapus! 15 Aplikasi dari Google Playstore Ini Ternyata Mengandung Malware Joker

Pengguna yang menghapus akun Google-nya juga sudah tidak bisa mengakses kembali data-datanya yang telah tersimpan dalam layanan Google. Jika Anda sudah mempertimbangkan keputusan untuk menghapus akun Google ada baiknya untuk membuat backup data-data dari layanan Google terlebih dulu.

Melansir dari laman resmi Google, ini cara menghapus akun Google secara permanen.

  1. Masuk ke akun Google milik Anda melalui browser.
  2. Buka bagian Data & Privasi di Akun Google Anda.
  3. Scroll ke "Opsi data & privasi Anda".
  4. Pilih Opsi lainnya - Menghapus Akun Google Anda
  5. Ikuti petunjuk untuk menghapus akun Anda.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Jadi Otoritas yang Minta Penghapusan Konten Terbanyak ke Google

Anda akan dihadapkan dengan beberapa informasi terkait penghapusan akun Google. Pilih kotak konfirmasi penghapusan akun dengan mengklik pilihan "Hapus Akun". Google nantinya akan memproses permintaan Anda dan menghapus akun Google secara permanen.

Jika Anda berubah pikiran dan ingin mencoba mengembalikan akun Google Anda, klik “Account Support/Dukungan Akun” dan ikuti langkah-langkahnya kembali.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x