Kompas TV tekno aplikasi

Buruan Hapus! 15 Aplikasi dari Google Playstore Ini Ternyata Mengandung Malware Joker

Sabtu, 27 November 2021 | 12:24 WIB
buruan-hapus-15-aplikasi-dari-google-playstore-ini-ternyata-mengandung-malware-joker
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis di perusahaan Cybersecurity Kaspersky, Tatyana Shishkova, menemukan malware Joker yang telah menginfeksi beberapa aplikasi di Android.

Malware Joker diketahui cenderung menginfeksi aplikasi yang populer di Google Playstore. Begitu aplikasi diunduh, malware Joker akan mengacak-acak sistem perangkat pengguna.

Malware Joker ini dapat masuk ke Google Playstore dan melewati sistem keamanan dengan cara melakukan perubahan kecil pada kodenya.

Baca Juga: Ngeri! Sudah Diinstal 9 Juta Kali, 190 Aplikasi di Toko Aplikasi Huawei Ternyata Mengandung Malware

Tak heran, malware ini sering muncul kembali meski Google telah berjuang untuk mengamankan pengguna dari malware ini selama bertahun-tahun.

Apabila malware Joker ini telah menyusup ke perangkat pengguna, malware ini dapat diam-diam mencuri uang dengan berlangganan layanan online tanpa disadari pengguna.

Malware ini juga mampu mengklik iklan online secara otomatis dan mengakses kode OTP dari SMS.

Beberapa aplikasi yang telah terinfeksi oleh malware Joker ini ternyata cukup popler. Bahkan, ada yang sudah diinstal lebih dari 50 ribu pemasangan.

Baca Juga: Mengenal Potensi Kejahatan Social Engineering dari Fitur Add Yours Instagram, Apa Itu?

Berikut daftar aplikasi yang telah terinfeksi malware Joker, dikutip dari News18, Sabtu (27/11/2021):

  1. Easy PDF Scanner
  2. Now QRCode Scan
  3. Super-Click VPN
  4. Volume Booster Louder Sound Equalizer
  5. Battery Charging Animation Bubble Effects
  6. Smart TV Remote
  7. Volume Boosting Hearing Aid
  8. Flashlight Flash Alert on Call
  9. Halloween Coloring
  10. Classic Emoji Keyboard
  11. Super Hero-Effect
  12. Dazzling Keyboard
  13. EmojiOne Keyboard
  14. Battery Charging Animation Wallpaper
  15. Blender Photo Editor-Easy Photo Background Editor

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TVNews18



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19