Kompas TV tekno aplikasi

Twitter Perbarui Fitur Fleet, Bisa Matikan Kolom Komentar

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 11:27 WIB
twitter-perbarui-fitur-fleet-bisa-matikan-kolom-komentar
Fitur Fleets di aplikasi Twitter (Sumber: The Verge)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembaruan aplikasi Twitter terhadap fitur Fleet kini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan kolom komentar sebelum mengunggah konten melalui fitur tersebut.

Pada Jumat (12/3/2021), Twitter mengumumkan pembaruan tersebut melalui akun resminya.

"Sekarang Anda dapat menonaktifkan opsi untuk mengirim reaksi emoji dan balasan teks ke Fleet Anda melalui DM," tulis Twitter dalam cuitannya.

Baca Juga: Bocoran Uji Coba Fitur "Undo" di Twitter, Bagaimana Cara Kerjanya?

Meski bukan sebuah pembaruan yang besar, penambahan fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Twitter dan fitur Fleet untuk melakukan kontrol terhadap konten mana yang bisa dikomentari oleh followers, dan mana yang tidak.

Fitur ini bisa mencegah adanya komentar-komentar yang tidak diinginkan terhadap unggahan konten pengguna di Fleet. Sebelumnya, fitur untuk menonaktifkan kolom komentar telah diadopsi Instagram Stories sejak kehadirannya pada tahun 2016 lalu. 

Berdasarkan pantauan Kompas.TV, Minggu (14/3/2021), fitur ini sudah bisa digunakan di aplikasi Twitter Android versi 8.84.0.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Tampilan Gambar Penuh, Bisa Upload Foto Resolusi 4K

Cara mematikan kolom komentar di Fleet (Sumber: Tangkapan layar fitur Fleet Twitter)

Cara menggunakan fitur ini untuk menonaktifkan kolom komentar di Fleet cukup mudah. Setelah memilih konten yang akan diunggah, klik ikon tiga titik yang berada di bagian atas. Kemudian akan muncul jendela pemberitahuan bertuliskan "Allow Reactions and Replies Via DM" dengan tombol opsi.

Anda cukup menggeser atau menekan tombol opsi tersebut untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar. Setelah itu, klik tombol Fleet di pojok kanan atas layar untuk mengunggah konten Anda.

Baca Juga: Fitur Spaces Twitter Mulai Hadir di Android, Siap Jadi Pesaing Clubhouse

Jika opsi nonaktif dipilih, maka secara otomatis followers atau pengguna Twitter lain yang melihat Fleet Anda tidak akan bisa memberikan komentar atau mengirim reaction pada unggahan yang dibagikan.

Twitter mengatakan bahwa fitur ini sementara baru tersedia bagi pengguna aplikasi di platform Android. Sementara untuk pengguna iOS, fitur ini akan hadir dalam beberapa waktu ke depan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x