Kompas TV TALKSHOW bincang kita

Ketua LP2M UNEJ: Pemkab Jember Harus Fokus di Sektor Pertanian!

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 18:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (Unej), Yuli Witono mengapresiasi kebijakan Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang selalu fokus pada perbaikan pertanian.

Yuli Witono, yang merupakan guru besar di bidang kimia pangan dan hasil pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), juga meminta agar Bupati Jember selalu fokus pada pembangunan di sektor pertanian. Karena Kabupaten Jember memiliki potensi yang sangat besar di sektor itu, luas lahan pertanian di Jember merupakan yang terbesar ketiga di Indonesia.

Yuli meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jember untuk membangun pertanian secara komprehensif dan melibatkan seluruh sektor. Membangun pertanian tidak bisa diserahkan hanya kepada Dinas TPHP (tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan), tapi harus melibatkan seluruh dinas atau OPD.

Salah satunya, pembangunan sarana pertanian, yakni bagaimana mengolah air yang melimpah di saat musim hujan agar bisa tetap digunakan di saat musim kemarau.

“Kabupaten Jember memiliki potensi air yang melimpah di saat hujan. Nah, itu harus dikelola dengan baik agar tetap bisa digunakan saat kemarau,” ujar Yuli Witono.

Baca Juga: Dinas TPHP Jember Akan Produksi Pupuk Organik di Desa Wirowongso Ajung

#Pertanian #Jember #Lahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x