Kompas TV TALKSHOW bincang kita

Dinas TPHP Jember Akan Produksi Pupuk Organik di Desa Wirowongso Ajung

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 18:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan telah menggagas upaya produksi pupuk organik dari kelompok tani dengan mendirikan Pabrik Pupuk Organik di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung.

Upaya pendirian pabrik pupuk organik ini diawali dengan pemetaan kesuburan tanah di Kabupaten Jember pada tahun 2022. Pemetaan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pupuk dengan lahan pertanian. Peta lahan pertanian menjadi cikal bakal perencanaan pabrik pupuk organik untuk pertanian berkelanjutan.

Pemerintah juga mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik di tingkat kelompok tani. Sebanyak 240 kelompok tani dan 400 kelompok tani akan diberikan pelatihan pada tahun 2023.

Pembangunan pabrik pupuk organik sudah menyelesaikan proses tender pada 05 April 2023. Pengumuman tender sudah dilakukan pada 23 Mei 2023 untuk selanjutnya diterbitkan SPPBJ pada tanggal 8 Juni 2023. Sedangkan pelaksanaan kontrak berlaku selama 150 hari, terhitung mulai tanggal 22 Juni 2023.

Pemerintah juga sudah mengukur elevasi dan uji sondir tanah di lokasi pendirian pabrik pupuk. Hal ini sebagai langkah awal pendirian bangunan pabrik pupuk organik.

 

#Pupuk #Organik #Pabrik #Jember #Petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x