Kompas TV saintek teknologi

Pengembang Gim Indonesia Ikuti Konferensi Internasional di San Francisco, Satu Gim Raih Penghargaan

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 03:50 WIB
pengembang-gim-indonesia-ikuti-konferensi-internasional-di-san-francisco-satu-gim-raih-penghargaan
Enam pengembang gim asal Indonesia ikut serta dalam Game Developer Conference (GDC) di San Francisco, Amerika Serikat, pada 18-22 Maret. (Sumber: KJRI San Francisco via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Enam pegembang (developer) gim asal Indonesia berpartisipasi dalam konferensi tingkat internasional Game Developer Conference (GDC) di San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada 18-22 Maret 2024 lalu.

Gim besutan Mojiken Studio (Surabaya), A Space for the Unbound pun menyabet penghargaan dalam konferensi tersebut.

Menurut siaran pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco, keenam studio pengembang yang diundang ke AS adalah Agate (Bandung), Arsanesia (Bandung), Own Games (Bandung), Fat Racoon (Jakarta), Mythic Protocol (Jakarta), dan Gudang Voucher (Jakarta).

Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan pengembang gim dari Indonesia selalu berpartisipasi dalam konferensi tahunan GDC serta menghasilkan transaksi dengan nilai yang tinggi dan kerja sama lainnya.

Baca Juga: Hasil Swiss Open 2024: Fikri/Bagas Kalahkan Wakil China Lewat Dua Gim

Menurut Cipto, penerbit-penerbit gim dunia semakin melirik pengembangan gim di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Cipto pun menyebut Peraturan Presiden No.19/2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional yang disahkan pada 12 Februari lalu diharapkan dapat memperkokoh dukungan pemerintah terhadap industri gim.

Konsul Jenderal RI di San Francisco Prasetyo Hadi menyebut peluang Indonesia dalam industri gim sangat besar. Ia menyebut perlu dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan nasional untuk memajukan industri gim Tanah Air.

GDC merupakan konferensi gim terbesar di dunia. Keikutsertaan pengembang asal Indonesia diharapkan dapat menarik kerja sama bisnis, investasi, pendanaan, serta mengembangkan talenta melalui pertemuan dengan pelaku industri gim dunia.

Gim asal Indonesia, A Space for the Unbound, meraih penghargaan dampak sosial dalam Game Developers Choice Awards yang diumumkan saat gelaran GDC 2024.

Penghargaan tersebut dinilai prestisius dan membuktikan bahwa gim Indonesia bisa disejajarkan dengan gim-gim terkemuka internasional seperti Assassin’s Creed Mirage dan Baldur’s Gate 3.

Baca Juga: Game Konsol Buatan Indonesia Kembali Betot Pujian Dunia, Kali Ini Adalah A Space for the Unbound


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x