Kompas TV saintek sains

Pertama Kali di Indonesia, Pameran Space Food di Kampung Alien Yogyakarta

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 01:50 WIB
pertama-kali-di-indonesia-pameran-space-food-di-kampung-alien-yogyakarta
Pameran space food diinisiasi oleh Indonesia Space Science Society (ISSS) yang berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Podomoro University, dan Kampung Alien. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk pertama kalinya di Indonesia, pameran space food digelar.

Perhelatan yang menghadirkan potensi-potensi makanan yang bisa dikembangkan di luar Planet Bumi ini digelar di Kampung Alien Nanggulan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/3/2024).

Pameran space food diinisiasi oleh Indonesia Space Science Society (ISSS), yang berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Podomoro University, dan Kampung Alien.

Pameran dan Lokakarya ini dipandu oleh seniman, periset, dan akademisi Dina Vitalienitas Lestari dan Ivan Permana Putra Ph.D, seorang pakar bidang Micologist dan periset senior IPB.

Turut hadir pula M Dwi Marianto dari Insitut Seni Indonesia ini, sebagai salah satu kolaborator dalam proyek tersebut.

Pameran Space Food kali ini adalah juga menjadi program awal VMARS (v.u.f.o.c Mars Analogue Research Station) yang bernama V-SF dan V-SFM. 

Pada kesempatan ini Direktur ISSS Venzha Christ juga mengundang Gunalan Nadarajan dari University of Michigan Amerika, untuk hadir sebagai salah satu penasihat program VMARS.

Baca Juga: Mengintip Keseruan Kelas Terbuka Astronomi dan Sains Antariksa di Kampung Alien saat Super Blue Moon

Menurut Venzha Christ, kolaborasi lintas disiplin ini diharapkan bisa menjadikan impian Indonesia untuk bisa berperan aktif dalam pengembangan sains Antariksa dan eksplorasi luar angkasa di level global.

Dalam paparannya, Dina Vitalienitas Lestari menerangkan kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia berdampak positif bagi Indonesia untuk turut andil dalam sains antariksa dan eksplorasi ruang angkasa dunia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x