Kompas TV saintek sains

Mengintip Keseruan Kelas Terbuka Astronomi dan Sains Antariksa di Kampung Alien saat Super Blue Moon

Kompas.tv - 1 September 2023, 16:52 WIB
mengintip-keseruan-kelas-terbuka-astronomi-dan-sains-antariksa-di-kampung-alien-saat-super-blue-moon
tiga lembaga nirlaba yaitu, Indonesia Space Science Society (ISSS), Indonesia UFO Network (IUN), dan HONF Foundation, mengadakan kelas terbuka Astronomi dan Sains Antariksa di Kampung Alien, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (31/8/2023) malam. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Super Blue Moon yang muncul pada 31 Agustus 2023 adalah fenomena langka. Fase bulan purnama muncul di langit Indonesia bersamaan dengan fenomena super moon.

Untuk menandai dan mengamati fenomena ini, tiga lembaga nirlaba yaitu, Indonesia Space Science Society (ISSS), Indonesia UFO Network (IUN), dan HONF Foundation, mengadakan kelas terbuka Astronomi dan Sains Antariksa di Kampung Alien, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Menurut Direktur ISSS Venzha Christ, fenomena ini unik dan langka karena ada dua bulan purnama dalam satu bulan kalender.

Baca Juga: VMARS, Analog Mars Pertama di Asia Tenggara Gencar Promosi ke Luar Negeri

“Biasanya, bulan purnama terjadi sekali setiap 29,5 hari, sehingga jarang terjadi dua kali dalam satu bulan,” ujar Venzha Christ.

Pada fenomena semalam, bulan menjadi "Blue Moon" dan juga sekaligus "Supermoon". Ini berarti bukan hanya sebagai bulan purnama kedua dalam satu bulan, melainkan juga karena posisinya yang paling dekat dengan Planet Bumi, sehingga terlihat sedikit lebih besar dan bahkan lebih terang dari yang biasa dilihat atau amati.

Kelas terbuka ini melakukan beberapa kegiatan presentasi dan pengamatan langsung menggunakan teleskop. Teleskop yang digunakan terdiri dari enam buah teleskop reflektor maupun refraktor.

Pada kesempatan ini keenam buah teleskop dengan kemampuan beragam tersebut juga difungsikan untuk pengamatan Planet Saturnus dan posisinya berdekatan dengan titik pengamatan Super Blue Moon.

Kelas terbuka ini terbuka untuk umum dan gratis, dengan mengundang pembicara dan mentor Mutoha Arkanuddin dari Griya Antariksa dan Dominicus Judiarta dari Indonesia UFO Network. Keduanya memberikan materi tentang apa itu “Super Blue Moon” dan pengetahuan tambahan tentang Bulan dan Tata Surya kita.

“Kegiatan ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan pembelajaran Astronomi dan Sains Antariksa yang akan diadakan secara rutin dan berkala di Kampung Alien, Kulon Progo ini,” kata Venzha.

Baca Juga: Indonesia UFO Festival 2023 Luncurkan Kampung Alien Pertama

Kampung Alien adalah sebuah Laboratorium Alam Terbuka bagi pengembangan dan pembelajaran bidang Astronomi, Space Science, dan Space Exploration, yang diresmikan pada Juli silam, dalam rangkaian acara yang bertajuk “Indonesia UFO Festival 2023” dan bertepatan dengan peringatan “Indonesia UFO Day” atau Hari UFO Nasional yang jatuh pada setiap 21 Juli.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x