Kompas TV saintek sains

Indonesia UFO Festival 2023 Luncurkan Kampung Alien Pertama

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 19:35 WIB
indonesia-ufo-festival-2023-luncurkan-kampung-alien-pertama
Kampung Alien pertama di Indonesia bakal diresmikan di kawasan wisata sawah Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bertepatan dengan peringatan Hari UFO Nasional pada 21 Juli 2023. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kampung Alien pertama di Indonesia bakal diresmikan di kawasan wisata sawah Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peresmiannya bertepatan dengan peringatan Hari UFO Nasional pada 21 Juli 2023.

Peluncuran Kampung Alien ini menjadi rangkaian kegiatan Indonesia UFO Festival 2023 yang digelar selama sebulan penuh mulai 2 sampai 30 Juli 2023.

Perhelatan ini adalah inisiasi dan proyek kolaborasi antara tiga lembaga nirlaba, yakni Indonesia Space Science Society (ISSS), Indonesia UFO Network (IUN), dan HONF Foundation.

Kampung Alien menjadi sebuah tempat terbuka yang diperuntukkan sebagai laboratorium alam untuk belajar dan berbagi ilmu. Berbagai kegiatan yang akan diadakan di sana semuanya berbasis sains dan teknologi.

Baca Juga: Ada Deklarasi Space Food dalam Pembukaan Indonesia UFO Festival 2023, Apa Itu?

Keberadaan Kampung Alien juga melibatkan masyarakat setempat dan unsur kelompok atau komunitas lokal. Nantinya, Kampung Alien dikelola oleh lintas komunitas kreatif yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Indonesia.

Menurut Direktur ISSS Venzha Christ, proses pembangunan Kampung Alien berkolaborasi dengan berbagai universitas dan perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Mereka berperan aktif menyumbangkan keilmuannya bagi masyarakat secara langsung lewat bermacam kegiatan, seperti riset dan penelitian ilmiah, lokakarya, diskusi, dan aktivitas kepedulian lingkungan,” ujar Venzha Christ.

Penamaan Kampung Alien berawal dari ditemukannya berbagai laporan penampakan anomali oleh wisatawan maupun masyarakat sejak lama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x