Kompas TV saintek teknologi

Indosat dan Huawei Kerja Sama Kembangkan Inovasi Berbasis AI

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 01:05 WIB
indosat-dan-huawei-kerja-sama-kembangkan-inovasi-berbasis-ai
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memajukan bidang digital dengan fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) (Sumber: Dokumentasi Indosat Ooredoo.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

BARCELONA, KOMPAS.TV - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memajukan bidang digital dengan fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta.

Penandatanganan MoU ini dilakukan dalam rangka Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, yang dihadiri oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Jacqueline Shi, President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Halim Alamsyah, Komisaris Utama Indosat Ooredoo Hutchison; Rudiantara, Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison; Mark Chen, Vice President, Global Marketing and Sales Service Dept, Huawei Cloud; serta Daniel Wu, Huawei Indonesia Indosat Account Director.

Kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong utama kemajuan teknologi global saat ini dan merupakan gelombang transformasi industri yang tak terelakkan. Perkembangan AI memiliki dampak yang besar tidak hanya pada transformasi industri, tetapi juga pada kehidupan manusia secara keseluruhan.

AI dipandang sebagai kunci bagi perkembangan pesat penggunaan internet dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Baca Juga: Penerapan VAR di Liga 1 Terlambat, Erick Thohir: SDM Wasit Masih Kurang

Dalam perjalanan menuju visi Indonesia Emas 2045, ekonomi digital dianggap akan menjadi pilar utama, di mana teknologi cloud dan AI akan memainkan peran sentral dalam mewujudkan kemajuan digital yang signifikan. 

Dengan kerja sama antara Indosat dan Huawei dalam bidang ini, diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif dan membawa dampak positif bagi kemajuan teknologi dan ekonomi di Indonesia.

“Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memdemokratisasi digitalisasi di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memaksimalkan penawaran layanan dengan memanfaatkan ekosistem AI dan cloud. Kami optimis inisiatif ini akan membawa Indosat di garda depan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” kata Vikram Sinha.

Dengan berkolaborasi bersama Indosat, Huawei berambisi untuk membuat terobosan dalam public cloud dan aplikasi AI serta menyediakan layanan yang lebih beragam untuk pengguna dan bisnis lokal. 

Layanan ini didukung oleh pengalaman teknis dan komersial Huawei di bidang public cloud dan AI. Antusiasme Indosat dan Huawei bekerja sama mengembangkan cloud, mitra ekosistem AI, dan talenta AI bertujuan untuk memberdayakan berbagai industri dan mempromosikan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.

“Kami bangga atas kolaborasi bersama Indosat Ooredoo Hutchison. Hal ini menunjukkan dukungan signifikan kepada transformasi digital di masa depan. Di Huawei, kami melihat kolaborasi ini sebagai komitmen untuk menggagas inovasi dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan," kata Jacqueline Shi.

"Upaya bersama kami menandakan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan cloud computing, mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai industri. Kemitraan ini menegaskan komitmen teguh untuk memberdayakan industri dan mendorong ekonomi digital ke depan. Bersama-sama, kami memulai perjalanan transformasional, yang diberdayakan oleh kolaborasi, inovasi, dan visi bersama untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: Mahasiswa Di Semarang Ciptakan “VR Game” Peduli Lingkungan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x