Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mahasiswa Di Semarang Ciptakan VR Game Peduli Lingkungan

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 18:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Teknologi Virtual Reality atau VR yang dirancang Yohanes Stanley, mahasiswa game technology Unika Soegijapranata Semarang berisi game tentang lingkungan.

Di sini pengguna mendapat edukasi tentang lingkungan yang mengasik-kan karena dikemas dalam permainan game. Pengguna diajak berjalan di dunia maya yang seperti nyata berada di lingkungan sesungguhnya, untuk belajar menjaga kebersihan dengan memungut sampah di sekitar dan memasukan ke dalam tempat sampah .

Cara ini dipandang Stanley efektif mengingat zaman serba modern anak- anak, remaja dan dewasa menyukai game. Dengan game ini diharapkan akan tumbuh kecintaan terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan di sekelilingnya.

“Alatnya ini virtual reality, fungsinya menyambungkan kita ke dunia digital jadi dengan alat ini, ini kita bisa melihat semua yang ada di dunia digital dan mengedukasi tentang cinta terhadap lingkungan. Seperti cara membuang sampah, jadi masyarakat lebih tertarik untuk mulai peduli terhadap lingkungan sekitar kita.” Ucap Stanley.

Pihak kampus sendiri mengapresiasi hasil karya stanley yang mengajak masyarakat cinta lingkungan.

Dosen Sistem Informasi Unika Soegijapranata, Stephanie Inggrit Swastinidewi menambahkan, “Kami memang berencana meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Selain game ini, ada membuat tempat sampah otomatis agar masyarakat lebih sadar terhadap lingkungannya.” 

Tidak hanya VR Game peduli lingkungan, Unika Soegijapranata juga membuat loker otomatis hasil karya Syifa Khofifah mahasiswa sistem informasi. Loker ini bisa di buka dengan sistem sensor barcode yang ada di kartu siswa masing- masing.

#kreativitasmahasiswa #vrgame #game



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x