Kompas TV saintek sains

Catat, Ada 4 Gerhana yang Diprediksikan Terjadi Sepanjang 2024! Ini Jadwal dan Lokasinya

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 03:00 WIB
catat-ada-4-gerhana-yang-diprediksikan-terjadi-sepanjang-2024-ini-jadwal-dan-lokasinya
Ilustrasi. Gerhana Matahari Total (Sumber: NASA)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Beberapa fenomena alam akan menghiasi langit di sepanjang tahun 2024. Di antaranya, akan ada 4 fenomena gerhana yang hadir pada tahun ini.

Namun, Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir Indonesia, mengatakan bahwa hanya tiga gerhana yang dapat dilihat secara kasat mata oleh penduduk Bumi.

Sebab, salah satu di antara fenomena ini merupakan gerhana bulan penumbra atau samar, yang penampakannya serupa dengan bulan purnama biasa.

"Secara praktis, hanya tiga gerhana yang akan kasat mata bagi Bumi," ujarnya, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/1/2024).

Mengutip dari NASA dan Kompas.com, berikut adalah 4 fenomenanya.

1. Gerhana Bulan Penumbra, 25 Maret 2024.

Ilustrasi. Gerhana Bulan Penumbra (Sumber: AFP via Getty Images/VICTOR FIDELIS SENTOSA)

Gerhana Bulan Penumbra akan menjadi fenomena gerhana pertama di tahun ini. Fenomena ini dapat diamati dari Indonesia bagian timur, namun hanya berlangsung dalam kurun waktu yang sangat singkat, yaitu pada siang hingga sore hari setelah matahari terbenam.

Saat Gerhana Bulan Penumbra terjadi, bulan tidak akan sepenuhnya menghilang di malam hari. Bahkan, sulit untuk membedakan kondisi bulan, apakah sedang mengalami gerhana atau hanya merupakan Bulan Purnama biasa.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 3 Fenomena Langit yang akan Menghiasi Bulan Januari 2024 Ini, Ada Hujan Meteor!

Bulan hanya tampak mengalami sedikit perubahan kegelapan atau kehilangan sebagian keindahannya. Bulan akan masuk dalam kerucut penumbra bumi dan tetap menerima sebagian cahaya matahari yang kemudian akan dipantulkan.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra diprediksikan terjadi pada Senin, 25 Maret 2024. dimulai dari pukul 11.53 WIB hingga berakhir pada pukul 16.32 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 14.13 WIB dengan total durasi gerhana selama 4 jam 39 menit.

Penting dicatat bahwa fenomena ini hanya bisa diamati di wilayah timur Indonesia, khususnya sekitar Papua dan sebagian wilayah Maluku.

2. Gerhana Matahari Total, 8 April 2024

Gerhana Matahari Total. (Sumber: Straits Times)

Gerhana Matahari Total adalah fenomena yang terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis sejajar sehingga bayangan inti (umbra) bulan menutupi seluruh sinar matahari. Daerah bumi yang berada di bawah bayangan inti bulan akan mengalami Gerhana Matahari Total.

Tahun ini, Gerhana Matahari Total dijadwalkan terjadi pada Senin, 8 April 2024. Namun, sayangnya, Indonesia tidak akan merasakan dampak langsung dari peristiwa gerhana ini. Gerhana Matahari Total hanya akan melintasi wilayah Amerika Utara, Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Lautan Pasifik, bagian utara Amerika Selatan, Amerika Utara, Lautan Atlantik, Arktik, dan sebagian kecil bagian barat Eropa, dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Sebagian.



Sumber : NASA, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x