Kompas TV saintek teknologi

Mudah, Begini Cara Menstabilkan Video Pakai Google Foto

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 13:16 WIB
mudah-begini-cara-menstabilkan-video-pakai-google-foto
Ilustrasi Google Foto. Cara menstabilkan video dengan Google Foto. (Sumber: businessinsider.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut disajikan cara menstabilkan video menggunakan aplikasi Google Foto. Stabilisasi video dilakukan untuk memperbaiki video yang bergoyang dan tidak stabil.

Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari menonton video yang goyah atau bergoyang. Ini bisa terjadi saat merekam video dengan ponsel atau kamera, terutama jika Anda bergerak atau tidak memiliki alat penstabilisasi video. 

Selain itu, beberapa ponsel keluaran lama belum dilengkapi dengan fitur stabilizer pada kameranya. Tak heran, hasil rekaman video menjadi bergoyang dan tidak stabil.

Baca Juga: Cara Mendeteksi WhatsApp Anda Sedang Disadap dan Langkah Mengamankannya

Sebagai informasi, Google Foto adalah layanan penyimpanan dan berbagi foto dan video yang dikembangkan oleh Google. 

Selain menyediakan penyimpanan awan yang aman, Google Foto juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah kemampuan untuk menstabilkan video. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan goyangan dan goncangan yang tidak diinginkan dalam video Anda. Google Foto juga dapat menjaga kualitas video Anda sehingga jangan khawatir kualitas akan turun setelah video distabilkan.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk ponsel, bukan untuk desktop.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, WhatsApp Diblokir di 53 Android hingga iPhone, Segera Cek!

Cara Menstabilkan Video dengan Google Foto

1. Instal aplikasi Google Foto

Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Foto di perangkat Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di platform Android dan iOS.

2. Pilih video

Buka aplikasi Google Foto dan pilih video yang ingin Anda stabilkan. Video tersebut dapat berada di galeri atau telah diunggah ke Google Foto.

3. Edit video

Setelah Anda memilih video yang ingin Anda stabilkan, ketuk “Edit” pada bagian bawah tengah layar. Lalu, pilih “Stabilisasi” dengan ketuk ikon kotak.

Google Foto akan mulai memproses video Anda. Proses ini mungkin memerlukan waktu tergantung pada durasi video dan kualitas perangkat Anda. Pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet yang stabil selama proses ini.

Anda juga dapat memangkas, menyesuaikan cahaya, menerapkan filter dan markup melalui aplikasi Google Foto sehingga tak perlu aplikasi edit video tambahan lain.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Download KK Sendiri secara Online

4. Simpan video

Setelah proses stabilisasi selesai, Anda akan melihat video yang telah diperbaiki. Anda dapat melihat perbedaan sebelum dan sesudah stabilisasi. Jika Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol simpan atau tanda centang untuk menyimpan video yang telah diperbaiki ini.



Sumber : Google


BERITA LAINNYA



Close Ads x